0800 1088888  EN

    YES! Commisioning Pertama di Proyek Rembang Sukses

    news / 29 April 2016

    Hingga saat ini, pembangunan proyek Rembang terus mengukir sejarah di Bumi Kartini. Beberapa hal dilakukan untuk terus mempercepat pembangunan yang ditarget akan selesai akhir tahun ini. Commissioning di area Packer telah sukses dilakukan pada Kamis (21/4) tepat pukul 12.05 WIB. Untuk pertama kalinya pengujian pada proses produksi ini dilakukan untuk memastikan equipment yang telah dipasang berjalan dengan baik. Pengujian pada load test packer line 1 dimulai sejak pengecekan mechanical completion kurang lebih seminggu lalu. Trial dari serangkaian equipment dari feeding system, packing machine, belt transport hingga ke palletizer sebagai tujuan akhir dilakukan untuk memastikan tidak ada kendala operasional dari sisi peralatan. Terbatasnya sumber energi listrik dapat disiasati dengan menjalankan peralatan yang mempunyai motor dengan daya yang relatif besar terutama feeding bucket elevator pada jam istirahat. Ini dikarenakan power demand yang rendah pada jam istirahat.

    Banyak tim yang terlibat di balik suksesnya commissioning pertama ini selain dari tim commissioning sendiri, di antaranya tim konstruksi proyek rembang, personil project owner Semen Gresik, serta beberapa kontraktor yang terlibat di area Packer. Beberapa personil rekrutan baru Semen Gresik juga ikut andil dalam pekerjaan tersebut. Fase commissioning merupakan waktu yang tepat untuk proses pengenalan dan pembelajaran sehingga diharapkan pada saat operasional nanti dapat langsung incharge.

    Masih banyak agenda yang harus dilakukan setelah pekerjaan ini berlangsung. Di antaranya menyelesaikan pengujian dan pemeriksaan terhadap ketiga line packer berikutnya disusul dengan giliran area water treatment dalam waktu dekat ini.

    “Kami akan menuntaskan commissioning di seluruh area packer hingga pertengahan bulan Mei mendatang”, terang Gatot Mardiana selaku Team Leader of Trial, Run and Commissioning Proyek Rembang.

    Kesuksesan acara ini ditutup dengan penandatanganan kantong semen oleh Head of Proyek Rembang, Ari Wardhana, yang dilanjutkan dengan syukuran yang menandakan area packer line 1 telah diselesaikan dan dimulainya kegiatan commissioning untuk area proses produksi lainnya. (mutiara)

    Facebook Comments

    Leave a reply