0800 1088888  EN

    WEBSITE SEMEN INDONESIA RAIH PREDIKAT “THE BEST WEBSITE KATEGORI INDUSTRI SEMEN”

    news / 10 Desember 2013

    PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMIG) kembali raih penghargaan, kali ini berasal dari Majalah Marketing yaitu “The Best Website Kategori Industri Semen” yang dipublikasikan di majalah tersebut edisi 11/XIII/November 2013. Penghargaan ini tentu menggembirakan, karena untuk pertama kalinya website perusahaan memperoleh penghargaan diajang bergengsi tersebut. Tahun 2013 adalah keempat kalinya Majalah Marketing menyelenggarakan kegiatan “Digital Marketing Award”.

    Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan atau merek-merek yang sukses memasarkan produk-produknya di dunia digital. Penghargaan ini dikeluarkan oleh Majalah Marketing dan lembaga survei independen SurveyOne. Digital Marketing Award (DM Award) ditujukan sebagai bentuk penghargaan terhadap “future leader company” yang siap menghadapi era digital dan memenuhi kebeutuhan konsumen masa depan.

    Dalam kategori wesite, penghargaan diberikan kepada website-website terbaik pada tiap-tiap kategori dari perusahaan, berdasarkan pilihan dari 300 orang pengamat (observer) yang terdiri dari orang-orang terpilih yang merupakan heavy user dalam dunia internet, dan memiliki kapabilitas dalam menilai kinerja website. Para juri terdiri atas profesional, mahasiswa dan jurnalis. Mereka diminta untuk masuk ke lima nominasi website dari tiap-tiap kategori dan melalukan penilaian atas enam aspek, yaitu : content, context, community, customization, commerce, dan connection. Penilaian dilakukan terhadap keenam aspek tersebut dengan menggunakan skala likert (1= sangat tidak setuju, sampai 5= sangat setuju).

    Kepala Biro Humas, Harry Soebagyo mengatakan bahwa “Upaya meningkatkan pengelolaan website secara intensif dilakukan sejak tahun 2012 dengan dilakukannya Re-Develop webiste”. Kelahiran website www.semenindonesia.com sejalan dengan berdirinya PT Semen Indonesia (Persero) Tbk pada tanggal 7 Januari 2013 untuk menggantikan website sebelumnya yang beralamat di www.semengresik.com. “Penghargaan ini tentu akan lebih memotivasi jajaran Humas dalam melakukan pengelolaan website. Terlebih baru Mei 2013 yang lalu websitewww.semenindonesia.com online”, ujar Harry.

    Sedangkan Kasie Hubungan Eksternal Suyono, mengatakan bahwa skor 3,80 yang diperoleh website Semen Indonesia setelah dilakukan analisa dengan pemenang kategori lainnya, berada diatas rata-rata 53 juara setiap kategori yang berada pada skor 3,76. Ini menunjukkan bahwa capaian website Semen Indonesia berada di atas rata-rata para juara di setiap kategorinya. “Tentu masih ada ruang improvement untuk website Semen Indonesia, setidaknya dengan membandingkan juara setiap kategori yang memperoleh skor diatas Semen Indonesia, semisal dengan mempelajari apa yang ada diwebsite Samsung, Garuda Indonesia, Telkomsel, Siloam Hospital yang memperoleh skor diatas 4,00, yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan lingkup bisnisnya” kata Suyono.

    Capaian website Semen Indonesia ini sejalan dengan kinerja website sebagaimana dipresentasikan oleh Sekretaris Perusahaan Agung Wiharto pada acara “Sharing Pengelolaan Website” yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN pada tanggal 14 November 2013 yang lalu di Gedung PPS Gresik. Terlebih Semen Indonesia telah menetapkan Visi SMIG 2030 sebagai “World Class Engineering Company”, maka website akan menjadi salah satu jembatan bagi SMIG untuk mewujudkan Visi tersebut.

    Salah satu program pengembangan website Semen Indonesia yang akan datang adalah melengkapi konten dari 2 bahasa : Indonesia & Inggris menjadi 3 bahasa dengan ditambahkannya bahasa Vietnam agar stakeholder dan konsumen di negara tersebut dapat mengetahui arah kebijakan korporasi SMIG serta kiprah operating company lainnya. Penyusunan standar website OpCo dan integrasinya dengan website HoCo. Selain itu pengembangan ke format mobile site juga akan menjadi prioritas, karena pertumbuhan pengakses dari mobile site 3X lebih banyak dibandingkan versi desktop. Tidak kalah pentingnya adalah penguatan infrastruktur jaringan pendukung website agar lebih cepat diakses di luar negeri.

    Facebook Comments

    Leave a reply