0800 1088888  EN

    UPZ Semen Indonesia Teroptimal di Kabupaten Tuban

    CSR, News / 21 Januari 2019

    Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Semen Indonesia Pabrik Tuban kembali mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban. Kali ini dalam katagori UPZ Perusahaan teroptimal. Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein kepada Wakil Ketua UPZ Semen Indonesia Pabrik Tuban, Siswanto pada upacara 17-an di halaman Kantor Pemkab Tuban, Kamis (17/1/2019).

    Menurut Siswanto, pada tahun 2018 UPZ Semen Indonesia menyetorkan dana sebesar Rp 1,4 miliar ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tuban. Dana hasil zakat yang disetorkan ke Baznas tersebut meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, yakni sebesar Rp 1,3 miliar. “Mudah-mudahan pada tahun 2019 ini dana zakat karyawan Semen Indonesia yang kita kelola semakin bertambah,” ungkapnya.

    Siswanto menerangkan bahwa dana yang didapatkan UPZ disetorkan ke Baznas, kemudian oleh Baznas dikembalikan sebesar 70 persen untuk dikelola oleh UPZ perusahaan.  Dan yang 30 persen dikelola oleh lembaga zakat milik pemerintah. “Sehingga dana yang kita kelola digunakan berbagai macam kegiatan sosial adalah sebesar 70 persen dari dana yang kita setor ke Baznas,” ungkapnya.

    Pada tahun 2018 yang lalu, dana zakat dari UPZ Semen Indonesia digunakan untuk berbagai kegiatan sosial antara lain bantuan bisyaroh ustad dan ustadzah TPQ sebesar Rp 407 juta. Selain itu, juga ada bantuan berupa kambing untukmasyarakat miskin produktif (Banmaspro) yang terbagi 6 kelompok, dengan total bantuan senilai Rp 180 juta. Ada pulabantuan bedah rumah warga miskin (Bertuah) pada tahun 2018 sebanyak 6 unit rumah.

    ‘’Selain bantuan tersebut di atas, dana zakat UPZ Semen Indonesia Pabrik Tuban juga digunakan untuk membantu korban bencana tsunami di Palu dan Lombok. Kita juga membantu operasi pembuatan anus untuk warga miskin di Kecamatan Kerek, dan masih ada beberapa lagi kegiatan sosial yang kita lakukan,’’ tandasnya.

    Sedangkan untuk tahun 2019, Siswanto mengatakan, pengurus UPZ  Semen Indonesia masih melakukan rapat dan penyusunan Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT). Diharapkan zakat dari sekitar 600 karyawan yang selama ini rutin melakukan zakat setiap bulannya dapat bertambah.

    “Semoga dana zakat yang kita kelola pada tahun ini dapat naik, sehingga kita dapat lebih banyak lagi membantu masyarakat,” pungkasnya. (al)

    Facebook Comments

    Leave a reply