0800 1088888  EN

    SMI bantu Perbaiki Rumah Tak Layak Huni

    news / 7 April 2016

    Sebanyak 31 rumah tak layak huni (RTLH) di Kecamatan Bulu dan Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang Jawa Tengah mendapat bantuan perbaikan RTLH dari PT Semen Indonesia (Persero)Tbk. Program pembangunan RTLH tersebut tersebar di Desa Tegaldowo, Timbrangan, Pasucen, Kajar dan Kulutan di Kecamatan Gunem. Serta Desa Kadiwono yang berada di Kecamatan Bulu.

    Abdul Manan, Staf Biro Bina Lingkungan Rembang menuturkan, program pembangunan RTLH ini merupakan wujud kepedulian Semen Indonesia pada masyarakat sekitar, yang mengacu pada Keputusan Bupati setempat terkait RTLH. Berdasarkan SK Bupati tersebut kriteria RTLH diberikan pada masyarakat berpendapatan rendah atau tidak memiliki mata pencaharian tetap. Tempat tinggal dalam keadaan tidak layak huni baik atap, dinding maupun lantainya. Serta bangunan tidak berdiri diatas tanah sengketa.

    Program yang telah dimulai sejak 22 Februari lalu ini, lanjutnya, dilaksanakan secara bertahap dengan nilai bantuan sebesar Rp. 37,5 juta. Bantuan ini menurutnya tidak diberikan dalam bentuk uang, namun langsung diwujudkan dalam bentuk perbaikan rumah. “Harapannya program ini dapat meningkatkan taraf hidup dan tingkat kesehatan masyarakat Rembang,” bebernya.

    Program ini, sambungnya, dilaksanakan dengan bersinergi bersama pemerintah daerah setempat melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB), Kecamatan dan Desa dengan membentuk sebuah tim koordinasi sehingga program RTLH diharapkan dapat tepat sasaran dan berjalan dengan baik. Selain program Pembangunan RTLH, Semen Indonesia menurutnya juga akan merilis program bantuan jamban, gapura dan air bersih dalam waktu dekat. (bwo)

    Sumber : Gapura

    Facebook Comments

    Leave a reply