0800 1088888  EN

    SMI BAGIKAN 2000 BUKU KE 14 SEKOLAH DI REMBANG

    news / 27 November 2016

    Semen Indonesia terus menebar manfaat di Bumi Rembang. Terbaru, dalam upaya meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Rembang, Jateng, Semen Indonesia memberikan bantuan 2.000 buku bacaan. Buku-buku tersebut merupakan best seller internasional. Buku bantuan tersebut diserahkan Bupati Rembang Abdul Hafiz dan diterima oleh 14 kepala sekolah yang ada di 14 Kecamatan Kabupaten Rembang, Kamis (17/11)

    Kabiro Komunikasi Perusahaan, Sigit Wahono, mengatakan Semen Indonesia berinisiatif memenuhi rak-rak buku perpustakaan sekolah di Rembang melalui pemberian bantuan buku ini. Hal itu, tambahnya, sebagai upaya perusahaan dalam membantu meningkatkan kualitas SDM bangsa dan mensukseskan program Indonesia pintar dengan memupuk minat baca anak. “Harapan kami para siswa dan guru dapat memanfaatkan buku-buku tersebut untuk mengembangkan diri, kegiatan sekolah sehari-hari dan pembentukan karakter yang baik untuk para siswa,” kata Sigit Discover More Here.

    Bupati Rembang Abdul Hafidz mengatakan, minat membaca di Rembang sudah diakui oleh pemerintah. Tahun 2015 Rembang menjadi satu dari lima puluh kabupaten dengan minat baca anak yang tinggi.

    Dikatakan Abdul Hafidz, buku mempunyai nilai dan menjadi warisan untuk anak cucu. Peran buku tidak akan terganti di tengah maraknya teknologi saat ini. Di Rembang hingga saat ini masih banyak sekolah yang kekurangan buku pengetahuan.

    Meskipun sudah ada program perpustakaan keliling, namun ini belum cukup untuk mengembangkan potensi baca anak. “Jumlah ketersediaan buku lebih sedikit dibanding dengan jumlah anak atau siswa sekolah. Adanya donasi buku yang diberikan Semen Indonesia sangat membantu dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia melalui membaca,” katanya.

    Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Al-Yaqin Rembang, Muizzah, mengatakan minat baca siswa sangat tinggi namun terkendala oleh minimnya buku bacaan yang dimiliki sekolah, namun syukur hari ini pihaknya dapat buku bantuan dari Semen Indonesia. “Ini sangat membantu terutama dalam rangka untuk gemar membaca,” ujarnya.

    Selain memberikan donasi 2.000 buku bacaan, Semen Indonesia bekerjasama dengan Forum Wartawan Rembang (FWR) juga memberikan hadiah bagi pemenang lomba jurnalistik dan media sosial bagi siswa SMA sederajat yang ada di Rembang. Hadiah karya jurnalisitik merupakan puncak dari perlombaan karya jurnalisitik yang diikuti siswa sekolah dari 14 kecamatan yang ada di Rembang.

    Terdapat 188 karya tulis dari 14 sekolah yang masuk ke sekretariat panitia. Dari jumlah karya tersebut, panitia mengambil 14 karya terbaik untuk diberikan hadiah. Hadiah pertama, berupa uang tunai sebesar Rp 5 juta diraih Sukamaningrum, siswi SMA Al-Yakin Sluke yang menulis berita tentang bantuan tempat sampah untuk ratusan warga Desa Sluke. Juara kedua adalah Ahmasul Kirom, perwakilan siswa MA Al-Anwar Sarang yang menulis karya tentang kisah santri yang memiliki segudang prestasi di bidang non-akademik. Sedangkan juara ketiga adalah Filsofia Wahyu Aulia, perwakilan dari siswa SMAN 1 Lasem. Siswa tersebut menulis profil gurunya, yang selain mengajar juga merupakan petani cabai sukses.

    “Tujuan kami melaksanakan pelatihan jurnalistik ini adalah ingin berperan dan andil dalam membangun generasi Rembang melalui dunia menulis. Dengan menulis akan membuat daya kreativitas mereka terdongkrak,” terang Sarman Wibowo, Ketua Forum Wartawan Rembang.

    Sumber : Gapura

    Facebook Comments

    Leave a reply