0800 1088888  EN

    SICC Gelar Sidang Learning Council. Tandai Semen Indonesia Sebagai Corporate University

    news / 13 Oktober 2014

    Semen Indonesia Center  of The Champs (SICC)  menggelar sidang perdana Learning Council 2014. Sidang Learning Council 2014 Center of Dynamic Learning (COL) ini digelar di Auditorium Learning Center Tuban, Senin (6/10). Ini merupakan sidang perdana yang digelar SICC pasca dilaunching di Balai Kartîni Jakarta, 28 Agustus 2014, lalu. Sidang tersebut digelar dengan agenda penyerahan SK Direksi tentang CDL serta pengesahan Learning Policy dan Learning Focus SICC.

    CDL merupakan institusi Strategic Business Growth Enabler melalui pemberdayaan human capital yang mengintegrasikan seluruh aktivitas dan sumber daya pembelajaran, dengan memadukan konsep Corporate University.

    Sidang learning council atau sidang senat tersebut dihadiri seluruh jajaran direksi Semen Indonesia yang bertindak sebagai learning council (senat). Hadir pula jararan Dirut Semen Gresik, Dirut Semen Tonasa, Pit Dirut Semen Padang, Dirut Anak Perusahaan non semen serta afiliasi danlembaga penunjang.

    Sidang learning council tersebut dibuka dengan tarian Banjar Kemuning dari Dinas Perekonomian dan Pariwisata Kabupaten Tuban, yang menggambarkan tentang kegigihan seorang perempuan nelayan dalam mencari rezeki.

    Direktur Utama Semen Indonesia Dwi Soetjipto mengingatkan pentingnya kualitas sumber daya manusia dalam melakukan pengembangan perusahaan menuju perusahaan persemenan yang terkemuka di indonesia dan Asia Tenggara. “Semua perusahaan yang sedang dalam proses transformasi untuk menyiapkan daya saing jangka panjang, maka kuncinya adalah SDM,” ujarnya.

    Sementara untuk menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas, harus dimulai dengan memperbaiki dan membangun mindset cara berpikir dalam memandang tugas dan mampu memosisikan diri. Dirut SMI mengibaratkan hal tersebut seperti permainan sepakbola yang terdiri dan banyak pemain namun semua pemain dapat bersinergi untuk menciptakan goal. Hal tersebut tidak terlepas dan mindset bahwa sepakbola adalah permainan tim, sehingga semua pemain saling bersinergi untuk meraih bola dan menciptakan goal dengan sating memberi bola.

    “Bayangkan jika back kin hanya berpikir back kin dan striker hanya berpikir striker, sehingga jika tidak diberi bola tidak mau meraih bola untuk menciptakan goal,” tandasnya. Pria yang meraih gelar doktor bidang ekonomi dan Universitas Indonesia ini menegaskan pentingnya sinergitas antar Operating Company (OpCo) dalam melakukan pengembangan perusahaan. Menurutnya masing-masing OpCo adalah satu kesatuan dalam Holding Company (HoCo) Semen Indonesia, sehingga harus saling bersinergi untuk dapat meningkatkan keuntungan perusahaan.

    Dirut juga mengingatkan tentang pentingnya membangun pembinaan SDM secara berjenjang dan berkesinambungan dengan menyiapkan dan mengatur central of learning di OpCo dan di HolCo.

    Dalam kesempatan itu juga diperkenalkan Guntoro sebagai Kepala Departemen (Kadep) CDL. Tugas ini memberi kewenangan padanya untuk mengelola pengembangan SDM di kalangan Semen Indonesia Grup. Dalam pemaparannya, Guntoro menyatakan CDL akan dibangun dengan kerangka Corporate University. Dimana perusahaan sekaligus berfungsi sebagai universitas. Sedangkan lulusan dan corporate university adalah pensiunan dan karyawan Semen Indonesia. “Intl corporate university sebenarnya Semen Indonesia adaIaI sebuah universitas dan pensiunanya adalah luusan dan corporate university,” terang pria yang juga menjabat sebagai cheef learning officer. (bwo/znl)

    Sumber : Gapura

    Facebook Comments

    Leave a reply