0800 1088888  EN

    Sepanjang Ramadan, SMI Kucurkan Dana Rp 7 Miliar

    news / 29 Juli 2015

    a3ce003852981ebb37516c47b6d137b3

    Dana tak kurang dari Rp 7 miliar digelontorkan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk untuk menggulirkan kegiatan Safari Ramadan 2015 yang digeber mulai 15 Juni hingga 10 Juli lalu. Anggaran yang dikelola Biro Bina Lingkungan itu untuk membiayai serangkaian acara di Gresik, Tuban, Rembang, Madura, Banjarmasin, Banyuwangi, sekitar pabrik Semen Padang dan Semen Tonasa.

    Kabiro Bina Lingkungan SMI Slamet Mursidiarso menjelaskan, ragam kegiatan Safari Ramadan kali ini tidak jauh beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hanya, karena beberapa item barang mengalami kenaikan harga, total anggarannya pun melonjak. “Kegiatan yang digelar antara lain pembagian sembako murah, santunan bagi anak yatim-piatu, serta pembagian sarung,” terangnya, Jumat (24/7).

    Slamet memerinci, kegiatan di Gresik berupa pembagian sembako murah bagi warga 21 desa ring satu serta pemberian santunan 529 anak yatim menelan anggaran Rp 835 juta. Ada pula pembagian 10 ribu sarung serta bantuan 1.000 paket sembako untuk Pemkab Gresik dengan anggaran Rp 740 juta.

    Di Rembang, kegiatan serupa memakan biaya Rp 1,3 miliar, sementara di Tuban butuh Rp 1,95 miliar. “Di Rembang kita adakan pembagian 4.500 paket sembako murah, santunan bagi 100 anak yatim, pembagian 1.000 paket beras untuk tukang becak, dan bantuan 500 potong sarung untuk pemerintah daerah setempat,” sambungnya.

    Khusus di Rembang, selain kawasan ring satu, sasaran kegiatan juga mencakup warga empat desa ring dua. Pemberian santunan bagi 100 anak yatim berupa tas, peralatan sekolah, serta uang bantuan pendidikan melibatkan PKSI (Persatuan Karyawati Semen Indonesia).

    “Ini sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap anak-anak warga desa ring satu supaya tidak sampai putus sekolah. Mereka bisa meneladani rasulullah, yang yatim sejak bayi tapi kelak menjadi orang yang mulia,” tambah Abdul Manan, Comdev pabrik Rembang. Safari Ramadan di Rembang ditutup dengan peringatan Nuzulul Quran di lapangan Desa Tegaldowo, Kecamatan Gunem, Jumat (3/7) malam, yang dihadiri Bupati Rembang Abdul Hafidz, Ketua DPRD Rembang KH Majid Kamil, Forpimda Rembang, tokoh masyarakat, serta ribuan warga sekitar pabrik semen Rembang.

    Tahun ini Semen Indonesia juga berpartisipasi dalam kegiatan ‘Mudik bersama 14 BUMN’ yang diikuti 55 ribu pemudik dari Jakarta. Sengaja dipilih daerah tujuan yang dekat dengan fasilitas pabrik, yaitu Gresik, Tuban, Rembang, dan Surabaya. “Kita bantu 10 bus, di mana tiap pemudik mendapatkan kaos, topi, obatobatan, serta menu makan sahur dan buka puasa. Alhamdulillah bus penuh semua, kita bersyukur bisa memberi manfaat bagi warga yang ingin berlebaran ke daerah asal,” ungkap Slamet seraya menambahkan, total ada 360 pemudik yang menggunakan bus bantuan SMI. (lin/znl)

    Facebook Comments

    Leave a reply