0800 1088888  EN

    Seminar Pengelolaan Kambing Untuk Peternak Binaan SMI

    CSR, komunitas, Mitra Binaan & UMKM, news / 1 November 2018

    Sedikitnya 50 peternak kambing binaan PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk – Pabrik Tuban mengikuti seminar pengelolaan kambing. Seminar yang mendatangkan pemateri Mr. Lincoln pemilik peternakan Bejoyo, Jombang tersebut dilaksanakan di  Kantor Pusat Semen Gresik (KPSG), Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Tuban, Selasa (30/10).

    Kasi Bina Lingkungan Semen Indonesia – Pabrik Tuban, Siswanto, dalam sambutannya mengatakan, bahwa seminar tersebut diikuti oleh peternak binaan perusahaan yang disebut Peternak Kokoh  dari Kecamatan Merakurak, Jenu, dan Kecamatan Kerek. Harapannya, seminar tersebut bertujuan untuk menambah ilmu para peternak.

    ‘’Pada kesempatan ini mari kita timba ilmu dari Mr. Lincoln peternak kambing yang sudah sukses, dan pengalaman-pengalamannya dalam beternak kambing bisa kita terapkan,’’ ungkap Siswanto, dihadapan puluhan peserta  seminar.

    Dia berharap kedepan peternak-peternak yang ada di Bumi Wali, terutama peternak binaan Semen Indonesia dapat maju dalam pemberdayaan kambing baik yang penggemukan maupun peternakan. Sehingga, kambing tersebut mampu menjadi sumber ekonomi atau pendapatan bagi masyarakat.

    ‘’Kami mempunyai mimpi Tuban ini bisa menjadi sentra kambing, orang cari kambing ya langsung ke Tuban,’’ tandas Siswanto.

    Sementara itu, Camat Merakurak, Agung Tri Wibowo, mengucapkan terimakasi kepada Semen Indonesia yang telah turut serta memperhatikan ekonomi masyarakat melalui ternak kambing ini. Selain itu, Agung juga berharap kepada perusahaan terus memberikan pedampingan dan pelatihan kepada para peternak. Sehingga, ternak kambing tersebut benar-benar mampu menjadi sumber ekonomi atau sumber pendapatan masyarakat.

    ‘’Merakurak itu kecamatan yang dekat dengan kabupaten, tapi  tingkat kemiskinan masih tinggi, dan daya beli masyarakat masih rendah. Dengan adanya peternak kambing binaan Semen Indonesia ini kita berharap dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,’’ tuturnya.

    Pada kesempatan yang sama, Mr. Lincoln mengatakan bahwa kunci dalam beternak kambing 70% yang memegang peranan penting adalah pakan, dan  selebihnya adalah teknik atau cara merawat. Sehingga, peternak harus faham pakan yang akan diberikan kepada hewan ternaknya, apa saja kandungan dalam makanan teresebut. Sudah sesuai dengan kebutuhan hewan ternak apa belum?.

    ‘’Jadi kita harus tahu potensi daerah kita yang dapat dijadikan pakan ternak. Karena untuk pakan itu cost yang paling tinggi, sehingga harus kita perhitungkan benar-benar,’’ ungkapnya.

    Menurut peternak yang saat ini memiliki 500 ekor kambing lebih tersebut, untuk para peternak pemula yang ingin sukses ada beberapa kiat, antara lain tekun dalam menjalankan usahanya. Selain itu, jangan lupa terus menjalin silaturrohmi kepada peternak lain untuk tukar pengalaman atau menggali ilmu terkait ternak.

    ‘’Dan yang tidak kalah pentingnya dalam kunci sukses itu jangan lupa berdoa dan tetap bersyukur dalam menjalani usaha ,’’ pungkasnya. (al)

    Facebook Comments

    Leave a reply