0800 1088888  EN

    Semen Padang Gelar Workshop untuk Tingkatkan Skill Area Manager

    news / 12 Oktober 2015

    5722018ee160d28ceccf97999a31ef64

    Mengantisipasi persaingan industri semen yang semakin ketat, terlebih di tahun 2015 dengan mulai beroperasinya pabrik new players maupun existing players di industri semen, menjadi salah satu perhatian jajaran manajemen PT Semen Padang untuk terus mempertahankan dominasinya di area pemasaran Sumatera dan sekitarnya, serta dibeberapa area pemasaran potensial di daerah lain. Upaya meningkatkan kekuatan strategi pemasaran di PT Semen Padang yang merupakan salah satu anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk disektor usaha semen tersebut, tentunya akan memberikan kekuatan bagi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk untuk terus mempertahankan posisinya sebagai market leader industri semen di pasar domestik. Wilayah pemasaran Sumatera memiliki potensi yang besar karena permintaan semen jauh diatas kapasitas produksi semen yang ada. Semen Indonesia Group yang memiliki 4 fasilitas produksi di Vietnam, Sumatera, Jawa dan Sulawesi memiliki keunggulan dari aspek geografis dan distribusi.

    Salah satu ujung tombak pemasaran PT Semen Padang adalah jajaran area manager yang memiliki peran strategis karena berhubungan langsung dengan para pelanggan sehingga mampu menjadi garda terdepan dalam mengumpulkan informasi yang sangat berharga dan bagaimana menjadi wakil perusahaan untuk menjaga customer loyality. Untuk meningkatkan kemampuan area manager tersebut, PT Semen Padang menggelar Workshop selama dua hari 10-11 Oktober 2015 di Hotel Luwansa Jakarta yang diikuti oleh seluruh area manager, unit pemasaran, dan unit lain yang terkait. Workshop tersebut mengambil thema “Conquering The Market Turbulance”, dan dibuka oleh Direktur Komersial PT Semen Padang Pudjo Suseno dan didampingi Direktur Keuangan Tri Hartono.

    “Tekanan kompetisi di industri semen yang semakin ketat, maka perusahaan harus memainkan strategi yang komprehensif dengan terus menggali potensi brand Semen Padang yang telah melekat kuat di masyarakat. Peran Area Manager sangat penting sebagai garda terdepan pemasaran perusahaan,” kata Pudjo Suseno.

    Bertindak sebagai narasumber utama adalah Dr. Ir. Dwi Soetjipto, MM Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Tentu Pak Dwi diundang dalam kapasitas beliau sebagai mantan Direktur Utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk sebagai peletak dasar dari sinergi dan transformasi di Semen Indonesia Group. “Diundang sebagai narasumber seperti workshop ini, maka menjadi bagian dari saya untuk terus berbagi agar kedepan Semen Indonesia Group dapat terus tumbuh menjadi industri semen yang kuat di tataran regional. Semen Indonesia Group adalah rumah kedua bagi saya,” kata Dwi Soetjipto. Ikatan yang kuat sosok Dwi yang mengawali karirnya di PT Semen Padang sejak lulus kuliah yang kemudian diberikan kepercayaan Pemerintah untuk menakhodai Semen Gresik Group (sekarang Semen Indonesia) di tahun 2005 tentulah memiliki pengalaman yang sangat komprehensif dan dapat bermanfaat bagi pengembangan Semen Indonesia Group.

    “Situasi persaingan yang ketat, perang harga seperti ini pernah terjadi pula di awal saya memimpin Semen Gresik. Sinergi yang belum berjalan sesuai harapan, pihak kompetitor melakukan perang harga tentu menjadi persoalan yang rumit. Harus ada strategi yang tepat harga perusahaan tidak terjebak dalam perang harga. Merek Semen Indonesia Group sangat kuat, terlebih Semen Padang yang sudah berjualan semen sejak tahun 1910 tentu menjadi bekal yang kuat,” ujar Dwi. Kepercayaan terhadap suatu merek tidak dapat dibeli tetapi harus dibuktikan dalam kurun waktu yang panjang. Ini tentu modal yang kuat bagi Semen Indonesia Group yang memiliki 3 merek di pasar domestik yaitu Semen Padang, Semen Gresik dan Semen Tonasa. Ketiga merek tersebut sudah eksis sebelum merek semen yang lain ada di Indonesia. Bangunan-bangunan yang menjadi landmark Indonesia juga menggunakan ketiga merek tersebut, ini tentu menunjukkan bahwa kekuatan merek dan kekuatan semen adalah dua sisi mata uang untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

    Pada workshop tersebut, diberikan pula senjata baru bagi seluruh area manager PT Semen Padang yaitu smartphone yang telah terinstal aplikasi yang akan menjadi mata perusahaan untuk mendapatkan informasi dari distributor, toko, pelanggan tetap dan lainnya. “Melalui aplikasi ini, area manager dapat memberikan masukan kepada perusahaan dengan menginput informasi penting seperti harga jual kompetitor, program pemasaran kompetitor dan lainnya. Semua informasi dari seluruh area manager lalu diolah sehingga menjadi informasi yang penting bagi manajemen perusahaan,” kata Adel R (Kadept Telco Semen Indonesia).

    Facebook Comments

    Leave a reply