0800 1088888  EN

    Semen Indonesia Sumbang 40 Persen PAD Tuban

    news / 29 September 2014

    Selain menjadi kebanggaan nasional, kehadiran Semen Indonesia juga memberi berkah besar bagi Pemerintahan Daerah. Khususnya yang wilayahnya ada pabrik semen milik Semen Indonesia Grup. Salah satunya seperti yang dirasakan Pemerintah Kabupaten Tuban. Keberadaan pabrik Tuban memberi kontribusi penting pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) daerah Bumi Wali ini. Tahun ini, Semen Indonesia menyumbang 40 persen dan total PAD Tuban yang mencapai Rp 260 miliar.

    “Atas nama masyarakat Tuban, kami sampaikan terima kasih pada Semen Indonesia. Berkah yang dulu di awal pembangunan tak pernah terbayangkan,” terang. Wakil Bupati Tuban Noor Hasan Hussein.

    Noor mengungkapkan, tenaga kerja yang terserap oleh pabrik Semen Indonesia telah membuat daya beli masyarakatjuga meningkat. Aihasil, roda perekonomian Tuban berputar. Dirinya menyakini, jika Semen Indonesia membangun pabrik di daerah lain seperti di Rembang, maka perekonomian di daerah tersebut juga akan meningkat, “Buktinya sudab ada di Tuban, jadi bukan tidak mungkin daerah lain juga akan tumbuh seperti Tuban kalau Semen Indonesia membangun pabriknya di daerah tersebut,” yakinnya.

    Mengenai keterjagaan lingkungan hidup, Noor menjelaskan, pabrik Semen Indonesia di Tuban telah mendapatkan penilaian proper emas dan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), se hingga hampir tidak ada protes dari masyarakat soal pencemaran lingkungan.

    Menurut dia, Semen Indonesia juga akan bisa menjaga lingkungan dengan baik dalam pembangunan pabrik di Rembang seperti yang dilakukan di Tuban. “Saat ini hampir sudah tidak ada keluhan dan masyarakat mengenai dampak lingkungan yang ditimbulkan oleh pabrik semen di Tuban baik masalah debu ataupun ketersediaan air bersih,” jelas Noor.

    Direktur Produksi Semen Indonesia, Suparni memastikan apa yang dialami Tuban ini sudah menjadi komitmen perseroan. Laksana bunyi pepatah, dimana bumi diinjak di situ langit dijunjung. “Artinya Semen Indonesia senantiasa hadir berbagi keberkahan dengan lingkungan sekitar,” tandasnya.

    Tak hanya Tuban, dampak positif juga dirasakan daerah daerah lain dimana fasilitas Semen Indonesia Grup berada. Baik yang di Padang maupun Tonasa. Keberadaan fasilitas-fasilitas tersebut, turut memberi kontribusi positif pada PAD. Nilainya bervariasi antara 20—40 persen. “Balk di Tuban, Padang atau Tonasa, kegiatan pabrik Semen Indonesia tentunya banyak berdampak pada pertumbuhan ekonomi daerah tersebut. Selain tenaga kerja yang bisa diserap, pembayaran pajak akan menambah besar pendapatan daerah,” katanya.

    Tak hanya profit dan masyarakat sekitar yang disentuh. Planet (baca: lingkugan) juga sudah dipikirkan Semen Indonesia sebelum mulai pembangunan pabrik ataupun proyek lain. Komitmen untuk menjaga Lingkungan Hidup itu tak bisa ditawar. Ini terlihat dari keputusan perseroan mengeluarkan investasi yang tidak sedikit untuk penerapan teknologi yang ramah lingkungan.

    Kata Suparni, untuk menjaga agar cerobong di pabrik tidak mengeluarkan asap atau debu, perseroan rela mengeluarkan investasi sebesar Rp 100 miliar. (*)

    Sumber : Gapura

    Facebook Comments

    Leave a reply