0800 1088888  EN

    SEMEN INDONESIA RAIH SNI AWARD 2013

    news / 24 Oktober 2013

    PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMIG) kembali menorehkan prestasi. BUMN yang pertama kali go public ini menyabet penghargaan bergengsi SNI Award 2013. Penghargaan tersebut diberikan Menristek Gusti Muhammad Hatta dan diterima Kepala Departemen Litbang Rudi Hermawan pada malam anugerah SNI 2013 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Jum’at (18/10). Acara yang diikuti ratusan perwakilan perusahaan nasional ini juga dihadiri Menteri Perindustrian MS Hidayat.

    Semen Indonesia meraih penghargaan untuk kategori Perusahaan Besar Barang Sektor Kimia dan Serta Aneka. Ada tiga nominator lain untuk kategori ini yakni PT Semen Tonasa, PT Pupuk Kujang dan PT Petrkomikia Gresik. Nominator ini, dijaring dari ratusan perusahaan besar di Indonesia yang dinilai concern dalam penerapan SNI.

    Tim Juri yang diketuai Prof Rhenald Kasali PhD menilai, Semen Indonesia unggul dalam tiga aspek yakni kepemimpinan, awarness terhadap SNI dan nilai bisnis. Menyangkut kepemimpinan , SMIG dinilai mampu meng-createpengelolaan sumber daya manusia dalam menunjang visi misi sampai terbentuk kultur perusahaan yang disegani. Ini semua tersosialiasi dengan baik di semua lini dan tingkatan. Tim juri dibuat terkagum-kagum dengan tradisi inovasi yang terbangun kuat di perusahaan ini.

    Semen Indonesia juga dipuji karena atas kesungguhan dalam menerapkan SNI. Tradisi ini telah dirintis sejak tahun 1990 bersamaan dengan penerapan integrasi sistem manajemen. Semen Indonesia saat ini menerapkan berbagai sistem manajemen mutu secara berkelanjutan. mulai ISO 9001 tentang sistem manajemen mutu, ISO 17025 tentang manajemen laboratorium, ISO 14001 tentang lingkungan dan SMK3 tentang manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

    Khusus dalam pengelolaan lingkungan, tim juri memberi nilai plus atas upaya yang telah dilakukan Semen Indonesia, diantaranya pemanfaatan limbah B3 dan penggunaan energi terbarukan dalam proses produksi. Dalam beberapa tahun terakhir, Semen Indonesia memang terus menerus melakukan inovasi. Salah satunya dengan pemanfaatan bahan substitusi pada sumber daya energi terbatas. Misalnya penggunaan biomass untuk mengurangi pemakaian btu bara. Puncaknya tahun 2012, Semen Indonesia memperoleh penghargaan Proper Emas atas inovasi lingkungan tersebut. Ini yang membuat tim juri makin bulat memberikan penghargaan.

    Kinerja bisnis yang dibukukan Semen Indonesia, juga mendapat apresiasi positif. SMIG mampu membukukan pertumbuhan yang pesat dan berbagai aksis korporasi yang strategis. Salah satunya adalah mencatatkan diri sebagai BUMN pertama yang berstatus MNC company setelah mengakusisi Thang Long Cement Vietnam.

    Penghargaan SNI Award merupakan kegaitan tahunan yang digelar Badan Standarisasi Nasional (SNI), sebagai bagia dari upaya meningkatkan kualitas mutu dari produk-produk nasional.

    Facebook Comments

    Leave a reply