0800 1088888  EN

    Semen Indonesia Raih Indonesia’s Best Employers 2018 dari HR Asia

    Investor, news, Penghargaan 2018 / 7 Mei 2018

    [:id]PT Semen Indonesia meraih Indonesia’s Best Employers 2018 Best Companies to Work for In Asia 2018. Bersama dua puluh perusahaan terbaik lainnya, Semen Indonesia dinilai menjadi salah satu yang terbaik dalam menetapkan standar untuk keterlibatan pegawai serta menjadi tempat kerja terbaik dalam survei yang dilakukan HR Asia.

    Penghargaan Indonesia’s Best Employers 2018 Best Companies to Work for In Asia 2018 diberikan oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Hanif Dhakiri, Dato’ William NG, Group Publisher/Editor in Chief Business Media Internasional, kepada Tri Hartono Rianto, Direktur Keuangan PT Semen Padang, mewakili Direktur SDM dan Hukum Semen Indonesia Agung Yunanto yang berhalangan hadir.

    Dato’ William NG, Group Publisher/Editor in Chief Business Media Internasional, menjelaskan sebagai publikasi sirkulasi terbesar di Asia untuk profesional HR senior, pihaknya mengambil peran sebagai katalis industri secara sangat serius. “Perusahaan terbaik Asia HR dalam Asia Award ini dipilih karena mampu melampaui praktik terbaik, untuk membantu menetapkan standar dan meningkatkan standar untuk keterlibatan karyawan dan keunggulan di tempat kerja di Asia,” ujarnya dalam sambutan penganugerahan Indonesia’s Best Employers 2018 Best Companies to Work for In Asia 2018 di Hotel JW Marriot, Jakarta, Jumat (4/5) malam.

    Menurut dia, parameter survei ini dibandingkan dengan yang terbaik di dunia – menjadikan survei ini sebagai salah satu survei dan penghargaan paling berkualitas dan terukur di kawasan Asia. “Parameter ini juga menggunakan kombinasi unik dari dukungan yang digerakkan oleh karyawan, tolak ukur penilaian yang terukur baik menghilangkan bias yang melekat pada komite penilaian, dan menetapkan HR Asia Best Companies terlepas dari program lain di pasar,” paparnya.

    Dengan catatan positif dan sebagai patokan untuk perusahaan lain, lanjut dia, perusahaan terbaik yang memperoleh penghargaan ini mendapatkan skor signifikan di atas rata-rata di semua bidang, baik dalam survei input tenaga kerja (EIS) dan survei tempat kerja dan keterlibatan karyawan (WEES). “Kami yakin secara kolektif dapat meningkatkan standar untuk praktik di tempat kerja di Indonesia dan di seluruh wilayah,” jelasnya.

    Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Hanif Dhakiri dalam keynote speech menjelaskan perubahan yang cepat di industri secara umum akibat revolusi digital juga ikut mempengaruhi sektor ketenagakerjaan. “Suka atau tidak suka, mau atau tidak mau, industri terus berubah seiring revolusi digital. Jika tidak, maka kita akan ketinggalan. Jadi pemenang dari era ini bukan lagi yang terkuat, bukan lagi yang terpintar, tapi yang paling responsif terhadap perubahan-perubahan ataupun melakukan transformasi tercepat,” ujarnya.

    Untuk menghadapi hal itu, lanjut dia, pemerintah juga memiliki strategi transformasi industri untuk menjamin iklim usaha di Indonesia makin kompetitif, makin efektif dan efisien, serta mencari metode-metode baru guna mencapai tujuan tersebut. “Tugas pemerintah untuk mendorong hal ini, demikian juga di sektor ketenagakerjaan agar tenaga kerja di negeri ini makin kreatif, makin inovatif, dan berdaya saing dibanding pekerja dari luar,” ucapnya.

    Tri Hartono Rianto, Direktur Keuangan PT Semen Padang, menerangkan penghargaan ini merupakan aktualisasi terhadap pencapaian perkembangan human capital di Semen Indonesia. “Kami sejak 1991, Semen Indonesia pertama kali listed di bursa saham. Sejak itu, kami sudah concern dengan pengembangan human capital hingga perwujudan untuk perkembangan ke depan, kami membentuk human capital master plan,” ucapnya.

    Kemudian, lanjut dia, setelah master plan disusun, dibuatlah program-program unggulan supaya human capital Semen Indonesia Group bisa selalu berkembang. Diharapkan dengan strategi itu, Semen Indonesia Group dapat merespons secara cepat apa-apa yang terjadi di luar, di lingkungan bisnis. “Perubahan-perubahan yang terjadi saat ini sudah mengarah pada perubahan yang disruptive dengan penekanan pada empat kondisi yakni volatility, uncertanty, complexity, and ambiguity,” tuturnya.

    Dengan keempat kondisi itu, menurut dia, Semen Indonesia Group harus bisa bertransformasi untuk melakukan perubahan-perubahan dalam pengembangan human capital. “Sebagai bentuk pencapaian itu semua, pada hari ini Semen Indonesia dan Semen Indonesia Group bisa mencapai hasil dengan mendapatkan award ini. Diharapkan award ini menjadi pengingat bagi kita semua. Kita harus selalu mengembangkan human capital menuju standar internasional. Dan tentunya ini dapat membawa kita menjadi pemain global yang diperhitungkan di level dunia,” pungkasnya.(dry)[:]

    Facebook Comments