0800 1088888  EN

    SEMEN INDONESIA KEMBALI MASUK DAFTAR FORBES GLOBAL 2000

    news / 7 Oktober 2013

    Kinerja PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) kembali diakui oleh dunia internasional. Perusahaan persemenan terbesar di Indonesia tersebut kembali masuk dalam Forbes Global 2000, daftar 2000 perusahaan publik berkinerja terbaik di seluruh dunia. Daftar ”The World’s Biggest Companies” ini dipublikasikan secara tahunan sejak 2004 oleh Forbes, media ekonomi terkemuka dunia yang berbasis di Amerika Serikat.

    Penghargaan bergengsi tersebut diserahkan kepada Dirut Semen Indonesia, Dwi Soetjipto, dalam acara Forum Kepemimpinan Badan Usaha Milik Negara/BUMN (Leadership Forum on State-Owned Enterprises) yang diselenggarakan Forbes di Jakarta hari ini, Kamis (3/10/2013).

    ”Kembali masuknya Semen Indonesia pada daftar Forbes Global 2000 menunjukkan kinerja perseroan yang semakin kuat, kompetitif, dan punya daya saing (competitiveness) global. Ini sekaligus membuktikan kiprah perseroan diakui dan memenuhi ekspektasi publik internasional,” ujar Dwi Soetjipto.

    Dalam daftar Forbes Global 2000 tahun ini, terdapat sembilan perusahaan asal Indonesia, di mana enam di antaranya adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Peringkat Semen Indonesia dalam daftar Forbes Global 2000 mengalami lompatan luar biasa dari 1674 pada 2012 menjadi 1425 pada 2013 atau meningkat 249 poin. Peningkatan tersebut tercatat sebagai yang terbesar dibanding delapan perusahaan Indonesia lainnya yang masuk daftar Forbes Global 2000.

    Penilaian Forbes Global 2000 didasarkan pada empat indikator kinerja keuangan, yaitu penjualan, laba, aset, dan nilai pasar (market value). Forbes Global 2000 menjadi salah satu rujukan bagi para pelaku bisnis dan investor untuk mengetahui kinerja sebuah perusahaan publik yang terdaftar di bursa saham di berbagai negara di dunia.

    Tahun ini, perusahaan-perusahaan dari 63 negara masuk dalam Forbes Global 2000, meningkat dibandingkan saat penilaian ini kali pertama dilakukan pada 2004 di mana ketika itu hanya ada 2000 perusahaan dari 51 negara. Dalam daftar Forbes Global 2000 tahun ini, jumlah pendapatan dari perusahaan-perusahaan yang masuk peringkat mencapai USD 38 triliun, laba USD 2,43 triliun, aset USD 159 triliun, dan nilai pasar USD 39 triliun. Total jumlah pekerja yang masuk dalam perusahaan di daftar Forbes Global 2000 mencapai 87 juta.

    Dwi menuturkan, masuk dalam Forbes Global 2000 merupakan kebanggaan tersendiri bagi perseroan. Dengan masuk daftar 2000 perusahaan sedunia berkinerja terbaik yang mulai dipublikasikan Forbes sejak 2004 tersebut, perseroan telah sejajar dengan perusahaan besar dunia lainnya.

    ”Setelah melakukan transformasi korporasi dengan menjadi strategic holding dari empat perusahaan semen, perseroan terus memacu kinerja. Langkah kami go global dengan mengakuisisi Thang Long Cement Vietnam semakin menempatkan perseroan di posisi terhormat dalam peta dan pergaulan bisnis internasional,” jelas Dwi.

    Dengan masuk dalam Forbes Global 2000, kepercayaan pasar terhadap perseroan diyakini terus bertumbuh. Apalagi, perseroan telah mempunyai rencana bisnis yang sangat jelas untuk meningkatkan kapasitas desain menjadi 40,8 juta ton semen pada 2017 dan perluasan pemasaran dengan terus menambah packing plant dan jaringan distribusi. ”Kami melakukan ekspansi secara agresif dan terukur untuk memenuhi kebutuhan pasar yang terus meningkat sekaligus memastikan posisi perseroan tetap menjadi pemimpin pasar di industri semen nasional yang semakin kompetitif,” jelasnya.

    Dwi menambahkan, Semen Indonesia mempunyai tugas berat untuk mempertahankan kinerja cemerlang di tengah kondisi ekonomi yang penuh tantangan saat ini seiring belum pulihnya kondisi ekonomi global. ”Dalam kondisi yang penuh tantangan ini, inovasi menjadi kunci. Karena itu, tak henti-hentinya perseroan terus melakukan inovasi, baik dari sisi kualitas produk, tata kelola perusahaan, pengembangan SDM, hingga distribusi ke pasar,” jelas Dwi.

    Facebook Comments

    Leave a reply