0800 1088888  EN

    Semen Indonesia Ingin Beli Perusahaan Batubara

    news / 1 Mei 2013

    PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) tengah mengincar perusahaan batubara kelas menengah untuk memenuhi kebutuhan batubaranya sebesar 4-5 juta ton tahun ini.

    Hal itu dilakukan perseroan untuk mencari harga batubara yang lebih rendah agar penjualan lebih kompetitif. Batubara tersebut akan digunakan untuk penunjang bahan bakar produksi dan pembangkit listrik (power plant) perseroan.

    Direktur Utama Semen Indonesia Dwi Soetjipto mengatakan, saat ini pihaknya telah memiliki kontrak jangka panjang dengan perusahaan batubara kelas atas PT Adaro Energi Tbk (ADRO).

    “Kita lagi cari partner untuk kebutuhan batubara tapi cari yang harganya menengah. Saat ini kita punya relationship dan kontrak jangka panjang dengan Adaro cuma mereka harga batubaranya tinggi, makanya kita cari yang menengah supaya dapat rata-rata harga batubara yang kompetitif,” kata Dwi saat acara Investor Day 2013, di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (1/5/2013).

    Dia menambahkan, secara Group pada tahun ini pihaknya membutuhkan pasokan batubara sebesar 4- 5 juta ton dan Kalimantan memberikan konstribusi pasokan batubara mencapai 70%.

    Sementara itu, Public Relation Manager PT Eksploitasi Energi Indonesia Tbk (CNKO) Vivien Damarsasi mengaku siap menyuplai kebutuhan batubara produsen semen tersebut.

    “Kita siap dan menyambut baik rencana Semen Indonesia untuk menggunakan batubara dari perusahaan kelas menengah,” kata Vivien saat dihubungi terpisah, di Jakarta, Rabu (1/5/2013).

    Dia mengatakan, harga batubara perusahaan kelas menengah saat ini memang lebih murah dari perusahaan produsen besar lainnya. “Harga batubara kita memang lebih murah, kalau Semen Indonesia bersedia, kami siap memasok asal harganya sesuai,” ujarnya.

    Facebook Comments

    Leave a reply