0800 1088888  EN

    Semen Indonesia Gelar Wisata Green Industry Jilid 2

    news / 12 Februari 2015

    Setelah menuai sukses besar pada gelaran Wisata Green Industry (WGI), Semen Indonesia kembali menggelar WGI jilid dua. Acara ini digagas oleh Seksi Website dan Sosial Media, digelar pada Sabtu, 14 Februari 2015 di Kantor Pusat Semen Gresik di Tuban.

    Berbeda dengan gelaran sebelumnya, peserta WGI kali ini khusus untuk kalangan netizen, blogger, dan pegiat medsos di Kabupaten Rembang. “Ini sebagai realisasi dari harapan teman-teman pegiat medsos yang ada di Rembang.” terang Kasie Website dan Medsos, Arief Hermawan.

    Diakui Arief, tantangan melaksanakan WGI kedua khusus netizen Rembang dan sekitarnya ini jauh lebih sulit dibandingkan yang pertama. Kendati dari sisi jumlah, WGI II hanya dibatasi 60 peserta. Bandingkan dengan WGI I yang diikuti 150 peserta yang tak hanya dari Jawa tapi juta Sumatera dan Timur Leste. “Kesulitannya adalah meyakinkan teman-teman disana akan kegiatan ini. Mereka ada kekhawatiran akan didikte dan macam-macam. Ini yang kita yakinkan secara perlahan,” ujarnya.

    Untuk itu Arief dkk menggelar road show dan blusukan ke Rembang. Tak hanya ke kantong-kantong pegiat Medsos, tim SMI juga sowan ke dua ulama berpengaruh di Rembang yakni pengasuh Pondok Pesantren Al Anwar pimpinan KH Maimun Zubair dan Pondok Pesantren Raudlatut Thalibien pimpinan KH. Mustafa Bisri. Selain meminta restu, kunjungan ini juga dimaksud untuk menunjukkan itikad baik dan kesungguhan SMI mendengar semua aspirasi warga Rembang terkait dengan pembangunan pabrik semen di sana.

    Dukungan ini. aku Arief, cukup melegakan. Setidaknya, menambah kepercayaan diri. Maklum, dalam sosialisasi lapangan, Arief dkk juga menghadapi teror dan intimidasai dari pihak-pihak yang kontra. “Alhamdulillah, pada pertemuan terakhir perwakilan dari blogger, mahasiswa, Putra Putri Rembang (semacam Cak & Ning), penggiat permberdayaan desa dan lainnya, mencapai kata sepakat untuk mensukseskan WGI kedua,” ujar Arief.

    WBI II nanti tak hanya berkutat dalam diskusi kelas. Para peserta akan ditunjukkan komitmen perseroan dalam menerapkan Tripple Bottom Line (profit, people, planet). Untuk itu peserta akan diajak keliling lingkungan pabrik Tuban dan kawasan sekitar. Diantaranya berkunjung ke sentra batik gedok, desa perkasa, area bekas tambang tanah liat, reklamasi tambang batu kapur, proses produksi, penggunaan AFR, dan dialog dengan manajemen SMI.

    Tak hanya ke Tuban, peserta diajak berkunjung ke Gresik sebagai representasi daerah yang perusahaan sudah tidak melakukan produksi. Di kota pudak ini, area yang dikunjungi adalah Waduk Ngipik, proyek waste to zero, dan beberapa mitra binaan di kota Gresik. Sebagai penutup acara spesial yaitu “Stand Up Comedy Rembang”. Aksi kocak nan menggelitik dari pegiat sosmed Rembang. (arief)

    Facebook Comments

    Leave a reply