0800 1088888  EN

    Semen Indonesia Berangkatkan 3.500 Orang dalam Mudik Bareng BUMN

    CSR, news / 12 Juni 2018

    [:id]PT Semen Indonesia (Persero)Tbk memberangkatkan 3.500 orang dalam program Mudik Bareng BUMN 2018. Hal ini merupakan bagian dari kepedulian perusahaan terhadap stakeholders dalam membantu kelancaran mudik hingga ke kampung halaman masing-masing.

    Adi Munandir, Direktur Pemasaran dan Supply Chain Semen Indonesia, mengatakan program mudik bareng ini membuktikan bahwa BUMN terutama Semen Indonesia hadir untuk masyarakat. “Esensi BUMN sebagai agent of development bisa dinyatakan dengan berbagai macam bentuk seperti mudik bareng ini yang menjadi bukti nyata kontribusi BUMN. Program ini juga membantu masyarakat melakukan mudik, mengurangi kecelakaan, mengurai kemacetan, dan memberikan kenyamanan bagi semua stakeholders penting bagi Semen Indonesia,” ujarnya dalam acara pelepasan Mudik Bareng BUMN 2018, di Pantai Karnaval Ancol, Sabtu (9/6).

    Bagi Semen Indonesia, lanjut dia, stakeholders penting itu adalah semua elemen masyarakat yang terlibat dalam pengadaan semen, mulai dari tenaga tukang, penjaga toko, sampai semua orang yang terlibat dalam kegiatan distribusi semen. “Untuk Mudik Bareng BUMN 2018, Semen Indonesia mengelola mudik bareng dari 3.500 orang untuk Jawa dan Bali, dengan menggunakan 22 bus dan angkutan kapal, mulai dari Makassar, Teluk Bayur, hingga Sampit,” katanya.

    Dalam mudik bareng kali ini, menurut Adi, Semen Indonesia juga ingin menunjukkan semangat kekeluargaan dan sinergi dengan semua layer dari stakeholders penting tersebut. “Melalui program ini kami juga berharap dapat menguatkan kesatuan dan soliditas dari semua stakeholders yang ada di Semen Indonesia,” paparnya.

    Dengan cara seperti itu, dia menilai, manfaat yang diberikan dari kegiatan mudik bareng ini akan dilihat oleh semua orang, membantu mem-boost corporate image, serta mendorong marketing. “Apa yang kami lakukan ini tidak hanya memberikan manfaat secara bisnis, tapi juga secara sosial. Kami menilai hal itu juga pasti ada manfaat ikutan yang akan dirasakan oleh marketing dan divisi lain,” ucapnya.

    Pelepasan Mudik Bareng BUMN 2018 di Pantai Karnaval Ancol dilakukan secara resmi oleh Menteri BUMN Rini Soemarno bersama puluhan direktur utama BUMN. Pelaksanaan Mudik Bareng BUMN tahun ini meningkat 100 persen lebih, baik untuk peserta maupun armada yang digunakan dari bus, kapal laut, hingga pesawat udara.

    “Melalui pelepasan pagi ini, ada 495 bus dengan jumlah peserta 26.000 orang yang diberangkatkan terlebih dahulu,” kata Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Budi Rahardjo yang juga Ketua Satuan Tugas Mudik Gratis 2018.

    Budi mengungkapkan, penyelenggaraan Mudik Bareng BUMN kali ini merupakan yang ke empat. Ada 62 BUMN yang berpartisipasi atau meningkat 121,4 persen dibanding tahun lalu. Total peserta yang diberangkatkan sebanyak 206.000, meningkat sekitar 75 persen dari mudik tahun 2017.

    Sarana yang disiapkan dalam Program Mudik Bareng BUMN 2018 adalah bus, kapal laut, dan pesawat terbang. Untuk bus ada 3.490 unit, 98 trip kapal laut, 37 rangkaian kereta api, serta 52 penerbangan.

    Jika dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah armada bus untuk Mudik Bareng BUMN meningkat 81,7 persen; keberangkatan dengan kapal laut naik 440,4 persen, kereta api naik 236 persen, dan dengan pesawat naik 116,7 persen. Jumlah kota keberangkatan dan kota tujuan juga mengalami peningkatan, di mana terdapat 61 kota keberangkatan (naik 177,27 persen) dan 177 kota tujuan (naik 110,7 persen).

    Menteri BUMN Rini Soemarno mengapresiasi pelaksanaan Mudik Bareng BUMN 2018 yang menampilkan sinergi BUMN. Dia juga memandang program mudik seperti itu bisa mengurangi pemudik dengan sepeda motor, seperti arahan pemerintah dalam rangka meningkatkan kenyamanan dan keselamatan masyarakat saat musim angkutan Lebaran. “Terima kasih kepada 62 BUMN yang sudah terlibat. Saya bangga, untuk ke empat kalinya digelar, makin banyak BUMN yang terlibat,” kata Rini.(*/dry)[:]

    Facebook Comments