0800 1088888  EN

    Road Show Media Nasional – Jelaskan Progress Pabrik Rembang dan Rencanakan Masuk ke Indonesia Timur

    news / 29 Oktober 2014

    Jakarta. Diawali dengan berkunjung ke kantor Redaksi The Jakarta Post (14/10). Sehari kemudian giliran Metro TV dan Harian Bisnis Indonesia yang disambangi. Rombongan Semen Indonesia (SMI) terdiri dari Dirut Dwi Soetjipto Direktur PUSB Johan Samudra, Direktur Komersial Amat Pria Darma, Direktur Keuangan Ahyanizzaman dan Sekretaris Perusahaan Agung Wiharto.

    Kunjungan ini mendapat sambutan hangat. Diskusi pun gayeng dan mengalir lancar dengan tema banyak hal. Mulai perkembangan ekonomi nasional dan dunia sampai isu-isu yang menarik perhatian publik saat ini. Kesempatan itu juga dimanfaatkan manajemen SMI untuk rnenjelaskan perkembangan terkini perseroan, rencana investasi sekaligus distorsi informasi yang saat ini berkembang tentang Iangkah SMI.

    Dirut SMI Dwi Soetjipto mengawali presentasi profil Semen Indonesia yang terus berkembang positif semenjak dilakukan sinergi. Dilanjut kemudian menjadi perusahaan multinasional setelah mengakuisisi TLCC Vietnam.

    Kalangan media menunjukkan antusiasmenya terhadap perkembangan dan keberhasilan yang diraih oleh Semen Indonesia hingga seperti saat ini. Selain itu, salah
    satu yang menjadi ketertarikan mereka adalah mengenai isu pembangunan proyek Rembang yang saat ini dilakukan Semen Indonesia dan juga bagaimana rencana perusahaan terkait perannya terhadap Indonesia Timur (Intim).

    Terkait proyek Rembang, Dirut mempresentasikan mengenai bagaimana rencana dan perkembangan proyek Rembang. Hal ini juga sekaligus menjadi sebuah sosialisasi sekaligus kiarifikasi atas pemberitaan negatif yang selama ini menjadi pro dan kontra. Doktor Ilmu Ekonomi UI ini menyampaikan bagaimana potensi dan peluang yang tersedia bagi perputaran ekonomi masyarakat dengan adanya proyek Rembang. Selain itu, desain pabrik dan juga rencana jangka panjang proyek tersebut yang didukung oleh teknologi terbaik, akan memberikan azas manfaat dalam regenerasi Iingkungan yang lebih produktif dan berguna bagi masyarakat. Hal tersebut sekaligus menepis anggapan bahwa proyek Rembang akan merusak dan merugikan, balk dari segi lingkungan maupun sosial.

    Sedangkan dalam peran Semen Indonesia terhadap pembangunan Indonesia bagian timur, Dwi mengungkapkan bahwa hal tersebut sudah masuk dalam rencana perusahaan semen multinasional ini. Saat ini perusahaan tengah melakukan kajian dan penjajakan untuk ekspansi ke daerah timur. Dwi menyebutkan bahwa Indonesia bagian timur memiliki potensi sumber daya alam yang banyak, berbanding terbalik dengan tingkat pembangunannya yang masih rendah. Sehingga nantinya potensi tersebut akan dapat digunakan tidak hanya untuk di sana saja melainkan juga untuk menyuplai Australia dan daerah sekitarnya yang memiliki peluarig pasar besar.

    Kendala lain selain tingkat kebutuban semen rendah, juga karena nilal investasi yang harus ditanamkan, mencapal satu setengah kali dibandingkan investasi di tempat lain. Hal ini disebabkan karena infrastruktur yang belum memadai dan kendala akses transportasinya. Terakhir yang menjadi masalah juga adalah SDM yang mayoritas masih rendah kompetensinya.

    Masalah di atas masih menjadi perhatian perusahaan, harapannya tentu Semen Indonesia dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas Iingkungan dan pendidikan di sana. Hal tersebut menjadi konsen dan komitmen perusahaan, selain memanfaatkan peluang yang ada, Semen Indonesia juga berupaya untuk turut serta berperan dalam pembangunan Indonesia bagian timur.

    Memperhatikan potensi dan manfaat, serta peluang dalam pertumbuhan ekonomi yang lebih balk, dengan adanya rencana rencana Semen Indonesia, menjadikan media-media tersebut mendukung dan memberikan dorongan pada perusahaan untuk terus maju dalam memberikan yang terbaik. Dalam kesempatan tersebut, Dwi juga menyampaikan terimakasihnya kepada media,yang selama ini menjadi kawan dalam penyeimbang informasi, sekaligus komunikator dalam membantu sosialisasi Semen Indonesia, (if)

    Sumber : Gapura

    Facebook Comments

    Leave a reply