0800 1088888  EN

    Pengendalian Gratifikasi

    Perseroan telah berkomiten untuk menerapkan pengendalian gratifikasi guna mendukung upaya pemberantasan tindak pidana korupsi di perusahaan. Pada tanggal 3 Desember 2013 komiten tersebut telah ditandatangani oleh Direktur Utama dan disaksikan oleh Wakil Ketua Komite Pemberantasan Korupsi (KPK). Perseroan telah menyusun Pedoman Pengendalian Gratifikasi sebagai panduan atas tata laksana penerimaan, pemberian, penolakan dan pelaporan gratifikasi di lingkungan perusahaan. Pedoman tersebut telah ditetapkan dalam SK Direksi dan selalu di-update sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku.

    Berbagai program telah dilaksanakan untuk menumbuhkan budaya anti Gratifikasi dan Suap di lingkungan perusahaan dan Anak Perusahaan. Antara lain dengan melakukan sosialisasi tentang pengendalian gratifikasi yang merupakan salah satu bagian dari materi dalam kegiatan internalisasi GCG, mencetak banner dan buku pedoman pengendalian gratifikasi, serta sosialisasi lainnya yang dilakukan melalui intranet, media internal perusahaan (koran dan majalah) serta media cetak nasional.

    • Dewan Komisaris, Direksi, Organ Pendukung Dewan Komisaris dan seluruh Karyawan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. “(Insan SMI”) DILARANG untuk menerima gratifikasi (hadiah dalam bentuk apapun), baik secara langsung maupun tidak langsung dari stakeholders Perseroan, termasuk namun tidak terbatas pada perayaan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 H dan hari besar lainnya.
    • Apabila ada pihak-pihak yang mengetahui adanya permintaan dan/atau penerimaan gratifikasi dari Insan SMI kepada dan/atau dari stakeholders dengan mengatasnamakan pribadi maupun Perseroan, dapat melaporkan kepada Perseroan melalui email gcg.sibersih@semenindonesia.com dengan mencantumkan identitas yang jelas.
    • Sehubungan dengan maraknya penipuan dan penawaran sponsorship/program/kegiatan tertentu yang mengatasnamakan Perseroan dan Direksi, serta penipuan berkedok penerimaan pegawai, kami menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati terhadap berbagai upaya penipuan tersebut. Perseroan tidak pernah memungut biaya apapun dalam setiap tahapan seleksi penerimaan pegawai dan tidak bekerja sama dengan pihak manapun untuk pengurusan akomodasi dan transportasi dalam proses seleksi penerimaan pegawai.

      Kantor

      Kantor Gresik

      Gedung Utama Semen Indonesia
      Jl. Veteran, Gresik
      Jawa Timur, 61122

      • Telp: (031) 3981732
      • Fax: (031) 3983209

      Kantor Jakarta

      East Tower Building Lt. 18
      Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Kav. E.3.2 No. I
      Jakarta 12950

      • Telp: (021) 52611745
      • Fax : (021) 5261176

      Kantor Tuban

      Desa Sumberarum, Kec. Kerek
      Kabupaten Tuban
      Jawa Timur 62356

      • Telp : (0356) 3250013
      • Fax: (0356) 322380