0800 1088888  EN

    Pasar Semen Indonesia di Kalimantan Terus Menguat

    news / 25 April 2014

    SMI Kian Mantap Kuasai Pasar Kalimantan

    Banyaknya proyek di Kalimantan membuka peluang penetrasi pasar bagi PT Semen Indonenesia (Persero) Tbk (SMI). Di wilayah itu, proyek penambangan batu bara dan kelapa sawit masih marak. Termasuk, pembangunan proyek infrastruktur pemerintah. Selain itu, dalam hal pembangunan kini terjadi peralihan dari bangunan tradisional berbahan baku kayu, ke bangunan berbahan dasar semen. Inilah yang membuat SMI kian optimistis bisa merebut peluang pasar itu.

    “Peluangnya masih terbuka lebar,” ujar Kasi Penjualan Area 3 SMI Febriwan, di Banjarmasin pekan lalu. Menurutnya, prospek pasar semen yang cukup menjanjikan, membuat sejumlah pemain semen berlomba memasarkan produknya di sana. Tingginya permintaan semen di Kalimantan, dibukitkan dengan meningkatnya realisasi pengiriman semen setiap bulan. Februari lalu misalnya, SMI melakukan pengiriman ke Kalimantan sebanyak 95.221 ton. Disusul Maret, dengan angka pengiriman 112.308 ton. Pasokan semen itu disuplai langsung dari pelabuhan Tuban dan Gresik.

    Tak hanya itu. Di beberapa daerah SMI menjadi leader dalam penjualan. Seperti di Kalimantan Tengah, market share SMI pada angka 71 persen di banding kompetitor. Menanggapi persaingan dan mengatasi masalah distribusi semen, SMI Februari lalu meresmikan packing plant baru-nya di Banjarmasin dengan kapasitas silo 6 ribu ton dengan kapasitas relese semen bag 2.200 bag/jam.

    Sementara untuk semen curah 120 ton/ Jam. Target releasenya 1.000-1200 ton/hari. Diresmikannya packing plant baru ini sangat membantu distribusi SMI di Kalimantan,” lanjutnya.

    Saat ini kondisi persaingan pasar di Kalimantan, ada lima brand yang telah masuk. Di Kalimantan saluran distribusi SMI cukup solid.

    www.semenindonesia.com

    Sumber : Gapura

    Facebook Comments

    Leave a reply