0800 1088888  EN

    Overhaul Pabrik Tuban II, Kapasitas Naik 14%

    news / 11 Agustus 2014

    Pabrik Tuban II, segera punya gawe besar. Mulai 10 Agustus mendatang, akan dilakukan shutdown di Pabrik Tuban ll. Kegiatan mematikan mesin ini menandai kerja besar yakni overhaul. Pekerjaan turun mesin ini memakan waktu selama 35 hari dari tanggal tersebut.

    Selain overhaul yang sudah rutin dikerjakan, ada tiga pekerjaan besar yang dilakukan, yaitu pemotongan dan pergantian Kiln. Dari 84 meter Kiln, akan dipotong dan diganti baru sepanjang 19,6 meter yang terletak di sektor 45-65. Area ini harus diganti karena sudah bermasalah dan korosi. Sederhananya, Kiln sepanjang itu akan dipotong terlebih dulu dan begitu turun, langsung dipasang kembali dengan yang baru.

    “Artinya, selama proses pemotongan itu kami juga sudah menyiapkan penggantinya dengan panjang dan presisi yang sama,” ujar Bagus Dwisono, Kepala Biro Perencanaan Teknik, selaku ‘event organizer’ overhaul Pabrik Tuban ll.

    Bersamaan dengan itu, tim lain juga bekerja memasang cross-bar di cooler. Alat buatan LFS Denmark ini, diklaim lebih efesien dan efektif dalam proses pendingin. Teknologi ini lebih canggih dengan sistem Great Cooler dan MMC yang biasa dipakai pabrik semen selama ini.

    Cukup? Belum. Kegiatan overhaul juga dimanfaatkan untuk melakukan pernasangan doubletrack atau main gear pada Kiln. Tidak saja ini membuat kokoh, tapi juga menjadikan putaran Kiln lebih ringan. Lebih dari itu, pemasangan double track ini mampu menghasilkan torsi lebih banyak dibanding single gear yang ada selama ini. Dengan begitu, rotasi kiln lebih bertenaga sehingga bisa dibebani material lebih banyak.Ujungnya, kapasitas produksi juga bisa meningkat.

    Peningkatan kapasitas produksi, memang menjadi tujuan akhir dari overhaul kali ini, Kata Bagus, setelah rampung pekerjaan overhaul nanti kapasitas produksi Pabrik Tuban II diharapkan bisa stabil di angka 8.400 — 8.500 ton/hari.

    Jumlah ini meningkat signifikan dibanding kapasitas selama ini yakni 7.800 ton/hari. Angka ini, sebetulnya sudah melebihi dari kapasitas terpasang yakni 7.400 ton, sehingga kegiatan overhaul Pabrik Tuban II akan meningkatkan kapasitas produksi sekitar 14%.

    Dijelaskan Bagus, setiap kegiatan overhaul memang selalu target ada peningkatan kapasitas. Ini tak lepas dari target besar yang dibebankan manajemen dimana ada peningkatan kapasitas sebanyak 1 juta ton/hari.Peningkatan sebanyak ini ditarget bisa disumbangkan dari empat Pabrik Tuban. Dengan begitu, tahun depan produksi Semen dari Pabrik Tuban bisa mencapai 15,1 juta ton/tahun.

    Di atas kertas, terang Bagus, persiapan menuju rekor baru itu sudah menyentuh angka 75 persen. Sesuai tahapan, prosentase ini akan terus naik sampai 100 persen pada hari H pada 10 Agustus mendatang.

    Hanya saja itu dengan catatan, spare part yang dibutuhkan sudah ada di lapangan. Salah satunya, Hidrolic Power Unit (HPU). Ini alat yang sangat vital karena menjadi pompa penggerak di kiln.

    “Kita harapkan HPU nanti sudah bisa tiba sepekan sebelum shutdown. Soalnya, kami harus lakukan set up dulu,” harapnya. (ram/znl)

    Sumber : Gapura

    Facebook Comments

    Leave a reply