0800 1088888  EN

    Mengajar, Membaca, Menulis Surat ala Kartini

    news / 23 April 2014

    Mengajar, Membaca, Menulis Surat ala Kartini

    Ratusan kaum wanita berupaya tampil seperti Kartini. Lomba mengajar ala Kartini, menulis surat untuk Kartini dan membaca surat Kartini, menjadi ajang mereka mengekspresikan kemampuannya. Terlebih, panitia peringatan Hari Kartini PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMI) menyiapkan hadiah total Rp 128,5 juta.

    Seperti yang terlihat Selasa (22/4). Para peserta lomba dari Tuban, Lamongan, Gresik, Sidoarjo dan Surabaya, sudah memenuhi arena lomba di lingkungan kompleks Semen Indonesia Jl Veteran Gresik. Selain itu, ada juga lomba rias dan busana ala Kartini digelar pada Rabu (23/4), serta pemilihan guruku adalah Kartini yang digelar Kamis (24/4).

    Sejak pagi, di Wisma A Yani sudah hadir ratusan kaum hawa berkabaya untuk mengikuti lomba mengajar ala Kartini. Sementara di gedung Pusat Penelitian Semen (PPS) digelar dua lomba, menulis surat untuk Kartini dan membaca surat Kartini.

    Para peserta itu tak saja mengikuti satu lomba namun berbagai lomba. Sehingga usai mereka mengikuti lomba mengajar ala Kartini, langsung berpindah tempat untuk mengikuti lomba lainnya di PPS.

    Di lomba mengajar ala Kartini misalnya, tiap peserta mendapat jatah tampil selama 10 menit. Malahan, tak sedikit peserta yang sehari-hari yang berprofesi sebagai guru. Seperti penampilan peserta nomor urut 89 atas nama Dra Yekti Nastiti. Dia tampil interaktif dengan bantuan peserta lain yang menjadi ‘muridnya’ di atas panggung. Bak seorang Kartini, dia mengajarkan berbagai hal tentang kehidupan religi, bermasyarakat dan kodrat sebagai wanita. Saat itu, juga terlihat dialog interaktif antara guru dan murid.

    Sementara di PPS, dua ruang yang menjadi tempat lomba menulis surat untuk Kartini dan membaca surat ala Kartini, dipenuhi peserta. Kursi yang disediakan dipenuhi peserta. Menurut Kabiro Bina Lingkungan Gresik, Slamet Mursidiarso, kegiatan Hari Kartini ini merupakan bagian dari wujud Corporate Social Responsibility (CSR) PT SMI. Kegiatan CSR SMI ini, kata Slamet, sudah banyak. Seperti membantu tempat ibadah, perbaikan jalan, kegiatan masyarakat, bantu usaha masyarakat dan lainnya.

    “Kegiatan Kartini tujuannya untuk menggugah para ibu atau wanita Indonesia agar memiliki kepribadian seperti Kartini. Dengan perkembangan jaman, wanita Indonesia ikut berubah, budi pekerti, pekerjaan, kegiatan, tata kelola rumah tangga dan lainnya. Dengan kegiatan ini, kepribadian yang berubah yang sekarang sudah kebarat-baratan, bisa muncul kembali jiwa dan kepribadian Kartini,” beber Slamet Mursidiarso.

    Penyerahan hadiah lomba ini, akan dilakukan Sabtu (26/4) di Grand City Surabaya. Slamet juga menjelaskan, selain tiga lomba itu, ada juga lomba rias dan busana ala Kartini serta pemilihan guruku adalah Kartini. Untuk pemilihan guru, sejak jauh hari PT SMI bersama juri independen telah melakukan penjaringan para guru dari Tuban, Lamongan, Gresik, Sidoarjo dan Surabaya.Peserta yang mengajukan diri itu akan dinilai para juri tentang perilakunya, pribadinya dan jiwa Kartininya.

    www.semenindonesia.com

    Sumber : Gapura

    Facebook Comments

    Leave a reply