0800 1088888  EN

    LEWAT LOMBA HSE CHALLENGE – MEMUPUK KESADARAN DIRI AKAN PENTINGNYA K3

    news / 1 April 2015

    Mengetahui ilmunya namun kapan harus menggunakanya dan bagimana kita sadar diri akan maknanya. Sekilas hal tersebut yang digambarkan pada event peringatan bulan K3 di Tuban di tahun ini. Kali ini seksi K3 Tuban menggelar lomba HSE Challenge (18/3) bertempat di depan Masjid Al Hijrah Pabrik Tuban, di ikuti oleh perwakilan dari Departemen Produksi Terak I, Departemen Produksi Terak II, Departemen Teknik, Departemen Produksi Semen dan Departemen Bahan baku sehingga terdapat 5 kelompok.

    Sebanyak 6 orang dari masing-masing Group tampak bekerja sama bahu-membahu melalui bebrapa stage mengilustrasikan situasi penyelamatan dan keselamtan diri yang berbeda-beda dengan penilaian berdasarkan waktu, ketepatan prosedur, kekompakan, dll.

    Memasuki stage 1 (Fall Pro tection) peserta di uji kemahiran dalam menggunakan Full Body Harness yang di desain selayaknya saat bekerja di posisi ketinggian yang di ilustrasikan dengan permaina puzzle yaitu merangkai huruf sambil menaiki scaffolding menuju ketinggian yang dituntut bekerja secara kompak (team work). Setelah itu peserta menuju stage 2 ( small fire) yaitu teknik memadmkan api kecil dengan menggunakan karung goni yang telah di basahi air layaknya menghadapi kebakaran yang di karenakan gas acetylene di tempat kerja. Hal ini sebagai edukasi pekerja, jika terjadi hal tersebut dapat dengan sigap untuk penanggulangannya.

    Yang tak kalah serunya saat peserta menghadapi stage selanjutnya, yaitu stage 3 (smoke Chamber), di tahap ini adalah kecepatan, teknik dan keberanian untuk mengevakuasi korban di dalam bangunan yang dibuat penuh asap seolah-olah bangunan tersebut terbakar. Peserta pun masuk dengan mnggunakan alat bantu pernafasan SCBA (Self Contained Breathing Apparatus), sedangkan di dalam bangunan tersebut banyak rintangan berupa jalan sempit, Naik turun tangga serta beberapa pintu yang harus dilalui untuk mencari korban. Begitu mendapatkan korban di dalam gedung, evakuator membawanya dengan hati-hati keluar gedung hingga menuju tempat evakuasi serta di bantu oleh anggotanya yang lain dalam kelompoknya yang berperan sebagai petugas P3K untuk memasukkan ke simulator mobil ambulance.

    Setelah melampaui stage 3, masih ada stage 4 (Big Fire). Komandan kelompok akan sangat terlihat perannya di stage ini. Bagaimana memberikan instruksi kepada anggotanya serta ketepatan dalam bertindak, karena di stage ini peserta diminta untuk memadamkan api yang besar menggunakan air yang di salurkan dari mobil PMK. Prosedur yang dilaluinya juga harus runut agar tidak ada kesalahan penanganan yang dapat membahayakan petugas sendiri pada saat melakukan pemadaman.

    Menurut kasi K3 Tuban Jatmiko, Event ini di selenggarakan semata-mata untuk menambah kepedulian akan pentingnya keselamatan kerja sekaligus menambah keahlian dalam implementasinya di lapangan. Sebelumnya Seksi K3 Tuban juga telah membentuk Duta-Duta K3 yang saat ini sudah tersebar di beberapa unit kerja dengan tujuan memitigasi dan ikut melakukan pengawasan terhadap Unsafe Condition yang berpotensi menimbulkan kecelakaan kerja, khususnya yang berada di lingkungan unit kerjanya masing-masing. Bahkan lomba HSE Challenge ini pun juga melibatkan Duta K3 sebagai penitia Hingga proses penjuriannya.

    Dari hasil penilaiannya juri, Departemen Produksi Terak II dinyatakan sebagai Juara I, di susul Juara II dari Departemen Teknik dan Juara III diraih oleh Departemen Produksi Bahan Baku. Selain itu ada juara harapan yang masing-masing diraih oleh Departemen Produksi Semen Dan Departemen Produksi Terak I. Sedangkan Komandan Kelompok yang di nobatkan sebagai komandan terbaik adalah Ronna Gustian dari Departemen Teknik.

    Di penutupan lomba ini Kadep Produksi Semen, Mertanus Sanjayadan Kadep Produksi Terak II Zaini memberikan kesan untuk skalanya dapat ditingkatkan menjadi antar perusahaan (Semen Indonesia Group) serta mengimbau untuk senantiasa membudayakan K3 agar dapat meningkatkan rasa kehati-hatian karena Safety adalah yang utama serta semakin mematuhi peraturan di tempat kerja meupun saat berada di manapun.(lv)

    Facebook Comments

    Leave a reply