0800 1088888  EN

    Kembangkan Produk Beton Curah

    news / 8 April 2016

    PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SI) mulai mengembangkan, industri hilir berbasis semen, yakni produk beton curah (ready mix) agar meningkatkan pangsa pasar di bisnis tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan dengan mengakuisisi PT Varia Usaha Beton pada akhir 2015 senilai Rp 51 miliar.

    Sekretaris Perusahaan SI, Agung Wiharto mengatakan, melalui anak usahanya yakni PT SGG (Semen Gresik Group) Prima Beton membeli saham milik Dana Pensiun Semen Gresik sebesar 36,67 persen yang ada di PT Varia Usaha Beton (VUB). Agung mengakui, kapasitas produksi beton milik VUB masih kecil, namun untuk melakukan pengembangan usaha, Dana Pensiun terkendala aturan yang mengikat dalam menanamkan investasinya.

    “Kalau mau meningkatkan kapasitas, kan perlu tambahan modal. Tapi. Dana Pensiun sudah tidak bisa lagi menambahkan modalnya karena banyak peraturan yang membatasi. Misalnya, investasi di saham dibatasi hanya 10 persen. deposito sebesar 40 persen, atau obligasi 30 persen,” katanya. Sehingga, ketika VUB mau berkembang, butuh suntikan modal dari pemegang saham. Karenanya, SI mengakuisisi, perusahaan tersebut senilai Rp 51 miliar pada akhir 2015. Direktur Utama SI, Suparni mengatakan, ke depan perseroan akan terus meningkatkan pengembangan bisnis non-semen seperti produk beton curah mengingat banyaknya proyek infrastrukturyang tengah digarap pemerintah.

    Facebook Comments

    Leave a reply