0800 1088888  EN

    KELOMPOK TERNAK KOKOH SEMEN INDONESIA

    CSR, komunitas, news / 19 April 2018

    [:id]

    PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, bekerja sama dengan kelompok Karang Taruna Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban menginisiasi program ternak penggemukan (fattening) kambing dengan pola beternak secara efektif.

    Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) program pemberdayaan masyarakat di salah satu area kandang kambing Desa Karanglo Kecamatan Kerek, Selasa (17/4). MoU antara Karang Taruna Kerek dan Semen Indonesia ini dihadiri oleh jajaran Biro Bina Lingkungan Semen Indonesia dari Gresik dan Tuban.

    Secara simbolis Senior CSR Officer Semen Indonesia, Setiawan Prasetyo menyerahkan perlengkapan beternak berupa paket kandang dengan kapasitas 30 ekor, kambing jawa sebanyak 30 ekor, satu set peralatan chopper penggiling pakan ternak, satu set alat pencampur (mixer) pakan ternak untuk fermentasi, obat, vitamin ternak, alat timbang ternak berserta potong kuku kambing, serta bahan pakan ternak konsentrat selama satu periode yang akan dicampurkan dalam fermentasi.

    Penyerahan bantuan paket peralatan peternakan untuk program pemberdayaan disaksikan oleh perangkat Kecamatan Kerek beserta Kepala Desa Karanglo, serta didampingi dinas sosial pemerintah Kabupaten Tuban selaku pembina pemuda dan masyarakat.

    “Semen Indonesia telah menggulirkan program ternak kokoh ini di empat tempat wilayah terdekat pabrik antara lain di Desa Jenggolo, Sekardadi, Temandang dan Karanglo. Pola pengelolaannya sama serta pemberian pakan secara fermentasi kering dengan mencampurkan sisa kulit dan bungkil kacang tanah yang telah dihaluskan atau digiling dicampur konsentrat. Harapannya seperti yang telah berjalan di Desa Jenu, selain panen kambing perdana kotorannya juga digunakan untuk pupuk organik,” ujar Tuban Community Development Officer, Siswanto saat mendampingi Senior CSR Officer Tuban Setiawan Prasetyo.

    Ucapan terima kasih disampaikan Ketua Karang Taruna Kecamatan Kerek – Khusnul Huda kepada Semen Indonesia yang telah berpartisipasi memberikan bantuan program ternak kokoh berupa penggemukan kambing ini,  “Mudah-mudahan akan menjadikan kemanfaatan dan kebaikan untuk masyarakat, utamanya dalam memberdayakan kelompok karang taruna lewat ternak kokoh ini. Bantuan ini akan bermanfaat bagi seluruh anggota karang taruna diwilayah Kerek, selain itu kami juga akan terus berkoordinasi dengan dinas peternakan” ujarnya.

    Dikutip dari sambutan mewakili Sekcam Kerek – Ari Wibowo dan perwakilan dari Dinas Sosial – Harsono selaku pembina fungsional pemberdayaan pemuda karang taruna dan masyarakat mengapresiasi program yang dilaksanakan oleh Semen Indonesia ini. Program ini diharapkan dapat berjalan lancar, “Bila perlu belajar program ini dari Kecamatan Jenu yang telah berjalan dengan baik,” pesannya.

    Sementara Senior CSR Officer Semen Indonesia Setiawan menyampaikan bahwa program ternak kokoh ini akan menumbuhkan ekonomi kreatif, minimal memperkecil tingkat pengangguran, membuka dan meningkatkan peluang pekerjaan baru dan menjadikan fungsi karang taruna sebagai percontohan ikut andil dalam memberdayakan masyarakat dilingkungannya.  (humastbn/eds)

    [:]

    Facebook Comments