0800 1088888  EN

    KAPASITAS PRODUKSI TUBAN CATAT REKOR TERBESAR DI DUNIA

    news / 24 Juni 2013

    Kapasitas produksi Semen Indonesia di Tuban, ternyata mencatat rekor terbesar di dunia. Dengan angka 14 juta ton, kapasitas produksi sebanyak itu dihasilkan oleh pabrik yang berada dalam satu lokasi.

    Gambaran inilah yang disampaikan Sekretaris Perusahaan PT Semen Indonesia (Tbk) Persero Agung Wiharto saat menjadi pembicara dalam Seminar Market Outlook III, Sabtu (15/6) lalu. Kegiatan bertema “Saham Anti Krisis dan Lonjakan Kelas Menengah” itu, diselenggarakan Superstocks Indonesia di Hotel The Luxton Bandung.

    Seminar tersebut, merupakan prakarsa yang bertujuan untuk mensosialisasikan emiten-emiten yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sehingga nantinya, dapat ikut memajukan industri pasar modal Indonesia dalam menghadapi tantangan ekonomi 2013. Kegiatan ini diikuti oleh 150-an peserta. Mulai dari investor institusi dan ritel, fund manager, equity sales, analyst, dan para pelaku pasar modal lainnya.

    Dalam seminar tadi, Agung banyak mengenalkan sekaligus menginformasikan bagaimana proses dan peluang Semen Indonesia. Termasuk, pengaruhnya terhadap saham Semen Indonesia yang masih sangat menjanjikan.

    Semen Indonesia yang dulunya Semen Gresik, akhir tahun lalu bertransformasi menjadi perusahaan holding murni, strategic holding, yang menaungi empat perusahaan; Semen Gresik, Semen Padang, Semen Tonasa, dan yang terbaru adalah TLCC Vietnam. Semen Indonesia saat ini juga merupakan perusahaan semen terbesar di Asia Tenggara.

    Apresiasi patut diberikan karena Semen Indonesia selain terbesar, juga merupakan BUMN yang pertama kali go public, pada tahun 1991. Sampai saat ini, 51 persen saham masih dipegang pemerintah. Sedangkan 49 persen saham yang dipegang  publik, mayoritas pemiliknya orang asing. Inilah yang patut disayangkan. Jika dilihat pergerakan harga saham Semen Indonesia 10 hingga 15 tahun terakhir, kenaikannya tiap tahun di atas 30 persen. Itu artinya, keuntungan itu dibawa asing.

    Facebook Comments

    Leave a reply