0800 1088888  EN

    JELANG SEMEN INDONESIA AWARD ON INNOVATION 2013 SEBANYAK 74 TIM LOLOS VERIFIKASI AWALTim Lolos Verifikasi Awal

    news / 14 Oktober 2013

    Eko Budi Santoso, terlihat serius menyimak penjelasan M Kharis, di ruang rapat Biro Pengelolaan Sistem Manajemen.  Beberapa kali catatan kecil dibuat di buku kecil yang dibawanya. Sesekali, karyawan di unit  Perencanaan Bahan dan Produksi ini, menimpali penjelasan M Kharis dengan sederet pertanyaan. Dirasa tuntas, pertemuan itu ditutup dengan senyum simpul Eko Budi. “Saya makin paham. Insya Allah besok sudah lebih bagus,” tukasnya.

    M Kharis memang dibikin sibuk selama gelaran Semen Indonesia Award of Innovation (SIAI) 2013. Kasie Sistem  Pengembangan  Manajemen ini, harus melakukan verikasi awal pada seluruh karya inovasi yang masuk.  Sejauh ini, sedikitnya 74 karya yang telah  dinyatakan lolos verifikasi.  Jumlah tersebut, diperkirakan bakal  bertambah. Mengingat, batas waktu verifikasi  baru ditutup pada Jum’at mendatang.

    Verikasi ini bisa dikata sebagai saringan awal agar karya inovasi yang ditawarkan nanti, selaras dengan target yang diusung Perseroan.  Diantaranya, karya tersebut harus bersifat orisinil, belum pernah ada yang mengajukan.  Karya tersebut, juga harus memiliki sifat kebaruan. Artinya,  bisa saja  ide yang ditawarkan benar-benar baru, atau ide lama yang baru terungkap sekarang.   Selain itu, karya inovasi itu bukan bagian dari rencana perseroan yang sudah jalan atau tengah direncanakan.  “Misalnya ada karya yang mengusung tema soal penggunaan Biomass.  Perseroan kan sudah menjalankan kebijakan itu. Makanya, yang begini kita tolak karena tak memenuhi unsur  kebaruan,” terang Kharis.

    Selain itu, proses verifikasi ini juga dimaksud agar karya tulis yang diajukan nanti, ada standarisasinya. Dengan begitu, akan mempermudah  tim juri melakukan pendalaman tiap karya yang diajukan. Kata kharis, setelah dinyatakan lolos verifikasi, para  peserta dipastikan harus bekerja lebih keras. Sudah pasti, melakukan penyempurnaan  karya  inovasinya, sebelum diajukan ke meja tim evaluasi.  Jika lolos dari sini,  akan dilakukan workshopkembali, untuk pendetailan penulisan sebelum nantinya dibawa ke  tim juri untuk ditetapkan sebagai nominator. “Prosesnya masih panjang. Ibaratnya, setelah ini perjuangan baru dimulai,” tandasnya.

    Gelaran SIAI 2013 sendiri, direncanakan paling cepat akhir Januari 2014 mendatang.  Karenanya, tiap tim memiliki waktu panjang untuk lebih memperjatam karya inovasi yang ditawarkan.  “Ini memang menjadi tantangan tersendiri bagi tiap peserta. Bagaimana menyelesaikan  tugas ini di sela tugas rutin di Perseroan,” pungkasnya.

    Facebook Comments

    Leave a reply