00 Jannete, ‘Kado’ Ultah ke-3 Semen Indonesia - Semen Indonesia

    0800 1088888  EN

    Jannete, ‘Kado’ Ultah ke-3 Semen Indonesia

    news / 10 Januari 2016

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahun ketiga, 7 Januari 2016, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. mendapat kado istimewa. Kamis (7/1) sekitar pukul 10.00 WIB, telah lahir seekor anak rusa timor (cervus timorensis) berjenis kelamin betina di kandang konservasi yang terletak di belakang Dormitory Pabrik Tuban. Bayi rusa yang diberi nama Jannete itu lahir dengan berat badan 4,5 kg, panjang 34 cm, tinggi 42 cm, dan lingkar badan 35 cm.

    Jannete merupakan hasil perkawinan rusa timor jantan bernama Alex dan pasangannya, Innova. Kegiatan konservasi hewan yang juga disebut sebagai rusa jawa itu merupakan komitmen Semen Indonesia dalam melindungi keanekaragaman hayati. Kegiatan ini bekerja sama dengan BKSDA Bojonegoro, Yayasan Mangrove Center Tuban serta Komunitas Sahabat Alam.

    Kandang konservasi dibuka sejak September 2015, tepat ketika BKSDA Bojonegoro mendatangkan sepasang rusa jantan dan betina. Tim Konservasi Hayati Semen Indonesia terus memantau kondisi hewan tersebut, apalagi yang betina dalam kondisi hamil. “Kegiatan ini menjadi tantangan tersendiri bagi tim konservasi di Pabrik Tuban, karena setiap tahap kegiatannya disupervisi oleh BKSDA. Kandang harus memenuhi syarat tertentu, seperti adanya sarana peneduh, tempat makan dan minum, tinggi pagar kandang minimal 2,5 meter, hingga luas lahan minimal 100 meter persegi,” terang Hery Kurniawan dari Seksi Bina Lingkungan Tuban.

    Selain itu, jumlah pakan dan vitamin harus mencukupi, begitu juga pemeriksaan kesehatan mesti rutin dilakukan. Setiap bulan tim konservasi wajib memberikan laporan pada BKSDA. Untuk memastikan kesehatan rusa tersebut, tim konservasi SMI menggandeng Komunitas Sahabat Alam di bawah naungan Yayasan Mangrove Center Tuban.

    Penangkaran rusa di Pabrik Tuban tidak akan berhenti di satu titik. Kegiatan konservasi ini akan dilanjutkan dan dipertahankan. Nantinya rusa-rusa tersebut akan dikembalikan lagi ke alam liar sebagai salah satu penunjang rantai makanan dalam ekosistem.

    “Semoga kelahiran anak rusa yang bertepatan dengan ulang tahun Semen Indonesia ini jadi pertanda perusahaan ini bakal melesat maju. Bagai langkah seekor rusa, tapi tetap menjadi sebuah perusahaan persemenan yang ramah lingkungandan paling efisien di Asia Tenggara. Semoga pula predikat PROPER EMAS dapat kita raih kembali,” tutup Hery. (lin)

    Facebook Comments

    Leave a reply