0800 1088888  EN

    INOVASI KWSG, MEMPERKUAT DAYA SAING SEMEN INDONESIA SECARA INTEGRATIF

    news / 2 Desember 2013

    Tanggal 26 November 2013  merupakan salah satu momen inovasi penting dalam perjalanan bisnis KWSG. Dalam meningkatkan jangkauan dan kualitas pelayanannya pada pelanggan, KWSG meluncurkan Sistem Informasi Pelanggan (SIMPEL), Kartu smart card “SIPINTAR”, dan  meresmikan 6 unit kantor dan gudang KWS. Peluncuran dan peresmian ini bertempat di Kantor dan Gudang baru KWSG Cilodong Depok.

    Ketua pengurus KWSG Edi Kartika menyampaikan bahwa prestasi korporasi tahun 2013 adalah penganugerahan KWSG dalam 300 koperasi terbesar dunia, yang mana berada pada peringkat 233. Dengan adanya SIMPEL,SIPINTAR, dan penambahan unit-unit baru, diharapkan KWSG dapat menjadi koperasi terbaik di ASEAN.

    SIMPEL merupakan sebuah terobosan dalam sistem informasi pelanggan berbasis sms. Terobosan ini menjadi upaya dalam menjalin komunikasi KWSG dengan para pelanggan. Yang mana saat ini KWSG memiliki 72 jaringan usaha dan 6500 pelanggan. Dalam SIMPEL ini terdapat tiga fitur utama yaitu; informasi transaksi hutang jatuh tempo, informasi transaksi pembayaran terakhir, dan informasi total saldo hutang.

    Kemudian SIPINTAR merupakan terobosan dalam penyempurnaan smart card yang selama ini menjadi media pembayaran anggota dalam setiap transaksi. Fitur tambahan dalam SIPINTAR ini adalah menghilangkan proses top-up atas pemberian jasa anggota tunai, transaksi pembayaran melalui mesin EDC, transaksi pembayaran dengan simpanan sukarela, dan transaksi pembelanjaan anggota.

    Selain SIMPEL dan SIPINTAR, KWSG juga meresmikan secara bersamaan 6 unit kantor dan gudang baru. Masing-masing berlokasi di Pasuruan, Sidoarjo, Gresik, Semarang, Tegal, dan Depok.

    Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan dalam sambutannya menyampaikan kebanggaannya atas capaian prestasi yang telah dicapai oleh KWSG. KWSG saat ini telah menjadi salah satu koperasi berskala internasional yang diakui secara global. “Inilah yang membuat perekonomian Indonesia semakin baik dan dikenal dunia”, tambahnya. Dia juga berharap nantinya pada masa mendatang akan semakin banyak koperasi-koperasi lain di Indonesia yang dapat mengikuti jejak KWSG.

    Dalam seremonial ini, Bapak Menteri juga dianugerahi sebagai anggota kehormatan KWSG. Hal ini sebagai bentuk penghormatan dan terimakasih atas segala dukungan dan upayanya dalam kemajuan KWSG.

    Dirut PT Semen Indonesia Dwi Soetjipto dalam acara ini juga turut menyampaikan terimakasih atas dukungan yang selalu diberikan oleh Kementerian Koperasi dan UKM. Dwi menjelaskan bahwa sejauh ini Semen Indonesia terus berkembang dari yang dulunya leader domestik saat ini telah menjadi perusahaan multinasional dan siap untuk mengampil peran penting di regional. Sehingga Semen Indonesia harus meningkatkan daya saingnya dan mengembangkan bisnis secara integral dari hulu hingga hilir. “Inilah yang menjadi peran KWSG, yaitu penguatan daya saing perseroan secara integrasi dalam sebuah grup”, tambahnya.

    Inovasi KWSG telah sejalan dengan budaya korporasi yang selama ini dibangun oleh Semen Indonesia. Dwi juga menambahkan, KWSG dengan inovasinya harus bisa menang dalam innovation award SI yang selama ini telah dijalankan perseroan.

    Capaian KWSG pada tahun 2013 dan target capaian 2014

    KWSG 2013 2014
    Pendapatan 2,15 triliun 2,43 triliun
    Aset 761 miliar 950 miliar
    SHU 70 miliar 76 miliar
    Jasa pada Anggota 6 kali/tahun 8 kali/tahun
    Total Investasi 86 miliar 161 miliar
    Facebook Comments

    Leave a reply