0800 1088888  EN

    Gelar Trail Run di Area Pabrik, SMI Ukir Rekor MURI

    news / 12 November 2018

    Semen Indonesia Trail Run 2018 yang berlangsung di kawan Pabrik Gresik, Minggu (11/11)  pagi, tak cuma sukses dari sisi penyelenggaraan. Lebih dari itu, kompetisi lari maraton lain daripada yang lain itu juga dicatat dalam rekor MURI (Museum Rekor Indonesia).

    Senior Manager MURI, Yusuf Ngadri mengatakan, penghargaan rekor itu layak diberikan kepada SMI karena berhasil menggelar even lari maraton di area pabrik semen. “Trail run adalah olahraga kombinasi lari dan pecinta alam. Biasanya lomba ini digelar di pegunungan seperti rinjani hingga lawu, dengan panorama alam dan kesejukan udara pegunungan,” beber Yusuf Ngadri.

    Namun berbeda dari biasanya, lanjuntnya, untuk pertama kalinya even trail run di gelar dikawasan pabrik dan lahan pascatambang. “Para runners diajak menaklukkan tantangan baru. Menyusur kawasan pabrik semen, melintasi area produksi dan perbukitan pascatambang. Ini menjadi keseruan dalam berlari sekaligus kampanye pelestarian lingkungan,” sambungnya usai memberikan piagam rekor Muri yang diterima Pgs Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan Semen Indonesia, Sigit Wahono.

    Sekretaris Perusahaan SMI Agung Wiharto menjelaskan, kegiatan SMI Trail Run 2018 merupakan rangkaian dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Semen Indonesia ke-61. Salah satu alasan menggelar kegiatan lari di kawasan pabrik dan area bekas tambang adalah untuk memberikan wawasan kepada masyarakat bahwa lahan bekas tambang Semen Indonesia dikelola dengan baik.

    “Sebab pascaeksplorasi Semen Indonesia (Pabrik Gresik) kami kelola dengan baik. Di sana peserta lari mengitari kawasan itu sejauh 10 kilometer,” kata Agung. SMI Trail Run 2018 ini melibatkan tak kurang dari 1.600 pelari dari dalam dan luar negeri. Pelari asing yang ambil bagian antara lain dari Kenya, USA, juga Thailand. “Mereka menikmati keseruan berlari melintasi area produksi pabrik semen, serta perbukitan dalam area pasctambang,” ungkapnya. (*)

    Facebook Comments

    Leave a reply