0800 1088888  EN

    Forum Komunikasi SDM Semen Indonesia Group : Kupas Tuntas Tujuh Pilar Manajemen

    news / 29 Agustus 2014

    Untuk mengembangkan kualitas SDM yang unggul, Forum Komunikasi SDM Semen Indonesia Group (Forkom SDM SMIG) menggelar diskusi dan sharing bersama. Forum diskusi yang bertemakan “Pengelolaan SDM di Anak Perusahaan SMI” diikuti 16 Anak Perusahaan Semen Indonesia (SMI) dikemas dalam acara halal bihalal di Rumah Makan Waroeng Legen Gresik, Kamis (21/08).

    Forum yang diikuti kalangan pengelola SDM ini, menurut Ketua Forkom SDM SMI Sugiri Kanapi, bertujuan sebagai wadah bersama dalam meningkatkan kompetensi sesama pengelola SDM. Di samping itu forum ini bertujuan sebagai forum komunikasi dan sharing tentang berbagai cara penyelesaian permasalahan (problem solving) yang pernah dialami masing- masing anggota.

    “Dengan adanya Forkom ini, diharapkan semakin memudah- kan anggota dalam melakukan problem solving SDM di perusahaan yang bersangkutan,” jelasnya. Dalam diskusi yang berlangsung cukup menarik ini, terdapat tujuh pilar dalam manajemen SDM SMIG. Yakni, rekrutmen, pendidikan dan pelatihan, remunerasi, penilaian kinerja, hubungan ketenagakerjaan, keselamatan dan kesejahteraan karyawan, serta perencanaan karir.

    “Ini semua kami kupas bersama sesuai dengan kondisi keterkinian,” ungkapnya. Lebih lanjut dikatakan Sugiri, forum diskusi seperti ini akan dapat tercipta sebuah sinergitas dalam meningkatkan pengetahuan dan pengalaman antara Anak Perusahaan dan Induk dalam pengelolaan SDM. Apabila salah satu perusahaan berhasil dalam mengatasi permasalahan SDM, forum ini diharapkan akan dapat berbagi ilmu ke perusahaan lain dalam mengatasi permasalahan yang sama.

    Keberhasilan SMI dalam pengelolaan SDM saat ini menjadi tolok ukur dalam pengelolaan SDM di lingkungan Anak Perusahan. “Di forum ini kami sebagai anak perusahaan, ingin bersinergi dan melakukan sharing dengan pihak SMI, terkait dengan kestabilan pengembangan SDM”, ungkap Sugiri.

    Selain ajang diskusi, sebagai upaya meningkatkan kompetensi anggota, Forkom SDM SMIG yang terbentuk sejak tahun 1989 juga menyelenggakan kegiatan in house training. “Hingga kini secara periodik kami masih eksis dan secara periodik setiap 2 bulan sekali kami berkumpul, ” ujarnya. (nov/olg).

    Sumber : Gapura

    Facebook Comments

    Leave a reply