0800 1088888  EN

    Dua Hari, Panitia Donor Darah SMI Kejar 500 Kantong

    komunitas, news / 9 Mei 2018

    [:id]Semen Indonesia bekerja sama dengan PMI Cabang Gresik dan PMI Cabang Surabaya kembali menggelar donor darah. Agenda tiga bulanan yang berlangsung di Wisma A Yani, Gresik, Selasa (8/5) dan Rabu (9/5), ini mendapat sambutan luar biasa.

    Terbukti, hingga pukul 11.00 WIB panitia sudah mengumpulkan 140 kantong darah. Para pendonor adalah karyawan SMI, anak usaha, serta masyarakat umum yang tinggal di sekitar perusahaan. “Animo lumayan bagus setelah informasinya kita blasting lewat SMS dan medsos. Dari warga umum juga banyak, ini sejak pagi berdatangan terus,” tutur ketua panitia donor darah SMI, Dimas Dwi Novari.

    Merujuk kegiatan sebelumnya, dalam sehari biasanya terkumpul 200 sampai 250 kantong darah. Karena itu panitia berharap dalam dua hari bisa mendapatkan 500 kantong darah. “Tapi biasanya di bawah itu. Bukan karena jumlah pendonornya turun, melainkan banyak yang tidak lolos cek kadar hemoglobin (Hb) dan tekanan darah,” lanjut SM of Compensation & Benefit SMI ini.

    Perlu diketahui, kadar hemoglobin (Hb) pendonor sekurang-kurangnya harus 12,5 g/dL. Di samping itu, syarat mutlak lainnya adalah memiliki tekanan darah berkisar 70-90 mmHg/110-170 mmHg dan denyut jantung berkisar antara 60-100 kali/menit secara teratur dan tanpa denyut patologis.

    Dimas menambahkan, donor darah berlangsung rutin di tiga wilayah operasi perusahaan, yakni Gresik, Tuban serta Rembang. Kegiatan ini menjadi wujud kepedulian SMI terhadap sesama, dalam koridor program corporate social responsibility (CSR). “Hari ini kita kerja sama dengan PMI Gresik, besok giliran PMI Surabaya,” tutup Dimas. (lin/nug)

     

    Persiapan Sebelum Donor Darah

    Saat donor darah, volume darah Anda akan menurun. Konsumsi banyak cairan sehari sebelum donor darah, terutama jika cuacanya panas.

    – Anda bisa mengonsumsi makanan asin kira-kira 12 jam sebelum donor,

    karena setelah darah diambil, Anda kehilangan kurang-lebih 3 gram garam dari tubuh.

    – Cukupi kebutuhan besi harian Anda, konsumsi makanan yang mengandung besi seperti daging sapi, ikan, dan bayam.

    -Tidur yang cukup, minimal 4 jam sebelum mendonorkan darah.

    Pastikan Anda mencatat jenis obat-obatan yang Anda gunakan sebelum mendonorkan darah.

    -Tiga jam sebelum mendonorkan darah, Anda disarankan minum banyak air atau jus buah.

    -Makan yang cukup 3-4 jam sebelum donor agar terhindar dari rasa lemas.[:]

    Facebook Comments