0800 1088888  EN

    Cementra Jordan Jajaki Kerja Sama dengan Semen Indonesia

    Investor, news / 27 April 2018

    [:id]

    Cementra, perusahaan semen internasional yang berkantor pusat di Amman, Yordania, tengah menjajaki kerja sama bisnis dengan Semen Indonesia. Rencana besar ini diawali dengan pembicaraan para petinggi kedua perusahaan di kantor SMI di Jakarta, berlanjut kunjungan ke Pabrik Tuban, Rabu (25/4).

    Rombongan Cementra yang dipimpin CEO Osamah A Saleh menyertakan Business Development Director Mohammad Muhesen, Factory Manager Mohammad Zaidaneen, serta Legal Council Ali Al Maharmch. Selama satu jam mereka berdiskusi dengan Dirut Semen Gresik Mukhamad Saifudin yang didampingi Direktur Keuangan Ginarko Isnubroto, Direktur Produksi Joko Sulistyanto bersama jajaran eselon satu, di Kantor Pusat Semen Gresik (KPSG), Tuban.

    Osamah A Saleh dalam kesempatan itu banyak bertanya tentang kegiatan produksi di Pabrik Tuban, mulai raw material, teknik produksi, penambangan, program-program CSR hingga area pemasaran Semen Gresik. “Kunjungan ini menjadi penjajakan dari rencana kerja sama bisnis yang akan kita lakukan. Peluangnya bisa berbagai bidang, tapi tentu saja perlu pembahasan lebh lanjut,” terang Dirut Semen Gresik Mukhamad Saifudin.

    Di hadapan tim Cementra, Saifudin membeberkan aktivitas produksi yang dijalankan selama ini di Pabrik Tuban. Termasuk teknik penambangan  zero run off yang memungkinkan air hujan tidak sampai meninggalkan lokasi penambangan. Juga, reklamasi eks lahan tambang yang menghasilkan hutan jati serta Taman Arboretum ‘Bukit Daun’ yang jadi destinasi wisata baru di Tuban.

    Osamah dan rombongan makin terkesan saat melakukan plant tour, dimulai dari area tambang, kawasan pabrik, lokasi penambangan, sampai ke pelabuhan khusus milik Semen Gresik di pantai utara Pulau Jawa. “Secara umum mereka sangat terkesan dengan kondisi pabrik kita, begitu pula dengan fasilitas WHRPG (Waste Heat Recovery Power Generation) yang sudah mulai beroperasi,” imbuhnya.

    Saifudin berharap kesan positif itu bisa jadi lampu hijau untuk pembicaraan yang lebih serius menuju kerja sama bisnis yang direncanakan. Dalam kesempatan itu Semen Gresik mendapat masukan bagus tentang teknik produksi semen putih yang bisa dilakukan bersama-sama dengan semen abu-abu dalam satu finish mill. “Jadi satu bulan untuk semen putih, lha bulan-bulan lainnya untuk memproduksi semen abu-abu. Ada teknologi baru untuk melakukan itu,” paparnya.

    Cementra memiliki pabrik di Mafraq Governorate, sekitar 60 km timur laut Amman, dengan kapasitas 2 juta ton klinker  per tahun dan 2,4 juta ton semen  per tahun. Perusahaan dengan visi ‘To be the ideal choice and a model of excellence in quality and service in the global cement industry’ ini menyuplai kebutuhan semen curah  maupun bag ke pasar Yordania dan sekitarnya, dan menjadi kebanggan kerajaan. (lin)

    [:]

    Facebook Comments