0800 1088888  EN

    Beton Ringan untuk Konstruksi Rumah? Kenapa tidak? Ini keuntungannya!

    Artikel / 13 Januari 2019

    Proses konstruksi rumah pasti menggunakan beton sebagai bahan dasar dari konstruksinya. Hal ini dikarenakan harganya terjangkau, tapi memiliki daya tahan tinggi. Penggunaan beton dalam konstruksi bangunan dimaksudkan untuk menghemat biaya pembangunan itu sendiri. Ketertarikan pada beton akhirnya memunculkan banyak jenis beton, salah satunya adalah beton ringan atau lightweight concrete yang lebih dikenal dengan sebutan hebel.

    Apa sih yang dimaksud dengan beton ringan? Sesuai namanya, beton ringan adalah beton yang memiliki berat jenis lebih ringan dibandingkan dengan beton pada umumnya. Beton ringan juga bisa disebut sebagai beton ringan aerasi, di mana bahan baku pembuatan beton ringan terdiri dari pasir silika, kapur, semen, air, ditambah dengan bahan pengembang yang kemudian dirawat dengan tekanan uap air.

    Berbeda dari beton biasa, beratnya beton ringan dapat diatur sesuai kebutuhan. Pada umumnya berat beton ringan berkisar antara 600 sampai dengan 1.600 kg per m³. Apa saja keunggulan beton ringan?

    Keunggulan utama beton ringan pada berat jenisnya

    Sesuai dengan namanya, beton ringan memiliki keunggulan pada beratnya. Memiliki bentuk seperti bata, tapi sifatnya seperti beton. Ringannya tiga kali lipat jika dibandingkan dengan bata tradisional. Berat bata merah adalah 1.800 kg per m³.

    Beton ringan mudah merekat

    Bata ringan tidak lagi memerlukan adukan semen dan pasir seperti batu bata merah karena tersedia semen khusus yang dapat merekatkan beton ringan meski tanpa campuran pasir. Karena tanpa menggunakan pasir. Hal ini berpengaruh pada kebersihan. Bekas adukan semen dan pasir sering kali mengotori area lainnya. Area pekerjaan menjadi lebih bersih tanpa menggunakan campuran pasir.

    Panel beton ringan mudah dibentuk

    Balok-balok panel beton ringan mudah sekali dibentuk. Proses pemotongannya pun bisa dilakukan secara cepat dan akurat untuk memenuhi kebutuhan membangun rumah. Tidak perlu menggunakan alat potong khusus, sebab balok panel beton ringan ini bisa dipotong memakai gergaji.

    Ukuran panel beton ringan sangat akurat

    Kebutuhan panel beton ringan dalam pembangunan rumah dapat dihitung dengan tepat karena ukurannya yang akurat. Hal ini dikarenakan dalam proses pembuatannya, beton ringan menggunakan mesin-mesin khusus yang menghasilkan keseragaman ukuran antara panel beton ringan yang satu dengan yang lainnya.

    Selain itu, bentuk panel beton ringan yang mudah disesuaikan dengan kebutuhan pun memungkinkan pemakaiannya bisa dilakukan semaksimal mungkin. Sehingga kemungkinan balok-balok beton ringan yang tersisa dan tak terpakai di akhir pembangunan rumah dapat diminamilisir.

    Beton ringan tahan panas dan api

    Panel beton ringan juga bersifat tahan terhadap panas dan api karena memiliki berat jenis yang rendah, kedap suara, tahan lama, kuat tapi ringan, serta tahan gempa. Selain itu, beton ringan juga aman dan nyaman karena memiliki beberapa sifat lain yaitu anti serangga, anti jamur, serta tidak mengalami rapuh, bengkok, berkarat, ataupun korosi.

     

    Dengan segala kelebihannya, beton ringan saat semakin digemari dan banyak digunakan untuk konstruksi bangunan. Apa kamu jadi berminat menggunakan beton ringan untuk rumah impianmu?

    Facebook Comments

    Leave a reply