0800 1088888  EN

    Adu Terbaik, SMI Gelar Lomba Petani Green Belt

    news / 31 Oktober 2014

    Lagi, tudingan bahwa kiprah industri Semen Indonesia merusak lingkungan, terbantahkan. Ini bisa dilihat dalam keriuhan yang terlihat di Auditorium kantor Pabrik Tuban, Kamis (23/10). Sebanyak 300 peserta dan 19 kelompok tani dan desa Karanglo, Sumber Arum, Mliwang, Temandang, Pompongan dan Tlogowaru beradu kehebatan. Mereka saling bersaing menjadi yang terbaik dalam lomba petani green belt. Ini adalah kawasan bekas area tambang di Pabrik Tuban. Pada kegiatan tambang, area yang ditinggalkan ini bisa berbentuk danau atau lahan lain nya. Di Pabrik Tuban, lahan-lahan ini dipulihkan kembali lewat kegiatan reboisasi dan pemanfaatan dengan menggandeng warga di sekitar ring satu pabnik. Komitmen tinggi akan lingkungan ini yang ikut mengantar Semen Indonesia mendapat Proper Emas.

    Lomba ini rutin digeiar Semen Indonesia ini dilaksanakan bertepatan dengan peringatan HUT ke-57. Lomba kali ini mengambil tema “Bersama Petani Green Belt Kita Wujudkan Industri yang Ramah Lingkungan.”

    Lomba yang dilaksanakan selama sepekan mempertandingkan kategori perorangan maupun kelompok tani. Pokok penilaian bertumpu sejauh mana kesuksesan para petani ini mengelola dan memanfaatkan area bekas tambang. Mulai pemanfaatan budi daya ikan lewat keramba, pemanfaatan lahan untuk tanaman produktif dan lainnya. Seiain lomba, pertemuan ini juga dimanfaatkan untuk saling tukar pengalaman, pengetahuan lewat serangkaian kegiatan diskusi.

    “Ibaratnya sembari menyelam minum air, Teman-teman petani dan green belt ini bisa saling tukar informasi dan pengalaman. Baik cara pengelolaan maupun teknik yang dipakai,” terang Kadep Produksi Terak I, M Zaini yang mewakili Semen Indonesia. Kegiatan ini juga menggandeng Dinas Balai Penyuluhan Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemkab Tuban. Setelah lakukan penjurian secara detil, deretan para juara akhirnya didapat. Diantaranya kategori green belt I dan II dimenangkan kelompok tani Suyono, Sarkam dan Tambang. Kategori green barier kelompok tani Maprun dan Tarmuji. Kategori Keramba dan Demplot dimenangkan kelompok tani Tarsilan, Kurdijan, Sudargo. Kategori green belt timur oleb kelompok taniRadi dan Darsilan. Para juara ini mendapatkan tali asih yang disampaikan langsung oleh M Zainidan Kabiro Humas dan CSR Se men Gresik Harry Soebagyo.

    Ketua panitia lomba Samet Martono dan Seksi Perencanaan menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para petani yang selama ini bekerjasama dan berpartisipasi dalam kegiatan ini, Khususnya dalam mengelola serta menjaga kelestarian tanaman di sekitar area tambang maupun pabrik. (eds)

    Sumber : Gapura

    Facebook Comments

    Leave a reply