Verifikasi 120 Karya Inovasi

Proses penjaringan para inovator Semen Indonesia Group sudah pada tahap verifikasi yang kedua. Sebanyak 120 peserta telah mendaftar dari berbagai unit kerja termasuk anak usaha. Verifikasi dilkukan di ruang Inovasi gedung PPS Gresik. Masing-masing peserta diminta untuk menjelaskan mengenai ide inovasi yang akan diimplementasikan dihadapan para verifikator. Mulai dari latar belakang pembuatan inovasi, manfaat dari inovasi hingga indikator untuk mengukur ide inovasi tersebut sehingga dapat dihitung secara real.
Ada lima tahap tahap SMI-AI yakni registrasi, verifikasi, pendampingan penyusunan dokumen, penilain dan penganugrahan. “Tiap tahapan registrasi langsung kami lakukaan verifikasi, karena jumlah pendaftah cukup banyak, supaya tidak menumpuk, ucap Widya salah satu tim verifikator. Antusis para pendaftar tiap taun cenderung stabil, tidak ada penurunan. “Kalau berdasarkan peserta yang mendaftar, antusias peserta sama banyaknya. Hanya yang lanjut ke babak penilaian turun agak banyak karena terkendala pada tahap penyusunan dokumen” kata Widya.

Untuk tahun ini pendapingan akan dilakukan pendampingan lebih sehingga seluruh peserta dapat menyusun dokumen dengan baik. “Tahun ini kita lakukan pendampingan sehingga seluruh peserta dapat lolos hingga tahap penilaian. Untuk tahun kemarin agak mepet sehingga banyak yang tidak tercover, tapi untuk tahun ini akan kita lakukan pendampingan penyusunan dokumen yang lebih intens. Harapannya seluruh peserta dapat lanjut semua, sehingga lebih banyak inovasi yang dilahirkan oleh insan-insan terbaik Semen Indonesia Group, tutupnya. (fir)