UPZ Semen Indonesia Salurkan Rp 714,5 Juta Zakat Karyawan

Setelah dikukuhkan pada bulan Juli lalu, untuk pertama kalinya Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Semen Gresik menyalurkan zakat mal dari para karyawan. Penyaluran zakat mal yang dimulai bulan November lalu ini terbagi dalam tiga bentuk.

Koordinator Bidang Penyaluran UPZ SG, Ali Imron, mengatakan zakat mal dari para karyawan KSO-Semen Gresik kali ini disalurkan dalam bentuk Kambing, bantuan honor guru TPQ dan bedah rumah layak huni untuk warga miskin.

Penyaluran bantuan hewan kambing dilakukan pada 7 dan 21 November serta 13 dan 14 Desember. “Total 150 Kambing untuk 50 orang penerima, masing-masing dapat 3 ekor,” jelasnya.

Para penerima bantuan Kambing ini, lanjutnya, berasal dari wilayah pengembangan perusahaan di Kecamatan Jenu, Merakurak dan Kerek. “Kategorinya beragama Islam, sholat lima waktu, fakir/miskin, memiliki kandang dan berkomitmen untuk tidak menjual induk kambing. Untuk memilih penerima zakat ini, kita juga berkoordinasi dengan pemerintah desa dan Baznas Tuban,” bebernya.

Selain disalurkan dalam bentuk kambing, zakat mal tersebut juga disalurkan dalam bentuk bantuan honorarium untuk 159 guru TPQ di 3 kecamatan tersebut. “Masing-masing guru TPQ menerima bisaroh Rp 500 ribu. Untuk bisaroh ini kita salurkan pada 17 Agustus, 26 September, 31 Oktober, 13 November dan 7 Desember lalu.,” urainya.

Penyaluran bisaroh ini menurutnya sebagai bentuk kepedulian dan apresiasi terhadap guru TPQ yang telah mengabdikan diri untuk mengajar membaca Al quran secara gratis. “Alhamdulillah para guru TPQ cukup terbantu dengan bisaroh ini karena selama ini mereka mengajar tanpa pamrih,” sambungnya.

Terakhir, UPZ Semen Gresik menyalurkan zakat mal dalam bentuk rehabilitasi rumah warga miskin. Dimulai awal bulan (Desember) ini, 11 rumah warga miskin yang tidak layak huni di rehabilitasi. Masing-masing mendapat bantuan Rp 45 juta untuk rehabilitasi agar memiliki rumah yang layak huni. “Untuk bedah rumah ini sudah kita mulai awal bulan ini. Kita bekerjasama dengan Kodim Tuban dalam pelaksanaannya,” katanya.

Total zakat mal yang disalurkan oleh UPZ Semen Gresik kali ini mencapai Rp 714,5 juta. Penyaluran zakat mal ini diharapkan dapat membangkitkan semangat karyawan untuk turut berpartisipasi aktif terhadap program UPZ. Sehingga kedepan dapat memberikan bantuan yang lebih baik kepada masyarakat yang membutuhkan. “Semoga apa yang telah diupayakan oleh karyawan dan tim UPZ Semen Gresik dapat bermanfaat bagi masyarakat. Sekaligus lebih mendekatkan perusahaan dengan lingkungan sekitar perusahaan,” pungkasnya. (bwo)