Tanda Tangan yang Tergurat di Sak Semen Berbuah Rekor MURI

Ribuan warga desa di Rembang, Jawa Tengah, membubuhkan tanda tangan di sak semen sepanjang 300 meter. Guratan tanda tangan itu sebagai dukungan moral demi keberlangsungan operasional pabrik PT Semen Indonesia (Persero) Rembang.
Tak disangka, upaya itu tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai Prestasi Nusantara kategori menulis surat di atas rangkaian kertas semen oleh peserta terbanyak.”Aksi penulisan surat serta pembubuhan tanda tangan ini menjadi bukti dukungan warga sekitar perusahaan pabrik Semen Indonesia di Rembang agar operasional terus berlanjut,” kata Achmad Akhid, Ketua Laskar Brotoseno, saat doa bersama warga yang digelar di Desa Tegaldowo, Rembang, Jawa Tengah, Jumat 7 April 2017.
Selain membubuhkan tanda tangan, warga juga menulis surat untuk Presiden. Bunyinya antara lain:
Kami warga mendukung adanya pabrik PT Semen Indonesia di Rembang. Banyak manfaat yang kami dapatkan mulai dari peningkatan ekonomi, pendidikan, dan sarana prasarana meskipun pabrik Semen Indonesia belum menambang.
Jangan takut, Pak, kami mendukung untuk melanjutkan operasi pabrik Semen Indonesia.
Hanya satu permintaan kami, Lanjutkan!!!

Dari dua aksi tadi, kata Achmad, warga ingin menunjukkan kepada pemerintah bahwa kehadiran pabrik PT Semen Indonesia bermanfaat bagi mereka.
Achmad mengatakan mayoritas warga di desa sekitar mendukung pendirian pabrik. “Meskipun pabrik belum beroperasi tetapi upaya PT Semen Indonesia untuk memberi program bagi kesejahteraan warga sekitar terus dilakukan,” ujarnya.
Acara pemecahan rekor MURI ini sebagai bagian dari peringatan hari Kesehatan Internasional yang diselenggarakan Laskar Brotoseno. Acara juga dihadiri Bupati Rembang Abdul Hafidz.