Semen Indonesia Bedah Rumah Veteran di Papua

Wujud penghormatan dan penghargaan atas nilai-nilai kejuangan para pahlawan yang telah merebut dan menegakkan kemerdekaan, PT Semen Indonesia (Persero)Tbk, kembali meluncurkan program bedah rumah veteran. Program yang merupakan bagian dari program “BUMN Hadir Untuk Negeri” tahun ini dipusatkan untuk para veteran di Papua.

Program yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN sejak tahun 2015 ini telah berhasil membedah ribuan rumah veteran di seantero Indonesia. Difasilitasi oleh seluruh BUMN, tercatat selama tahun 2015 telah berhasil membedah 990 unit rumah veteran. Jumlah ini bertambah signifikan di tahun 2016 yang berhasil membedah 1443 unit rumah. Tahun ini (2017) Kementerian BUMN menargetkan 1644 rumah veteran di 34 provinsi dapat dibedah.

Bedah rumah veteran ini sekaligus sebagai kampanye dalam membangun pemahaman terkait peran BUMN dalam turut serta memberi kontribusi nyata bagi masyarakat. Semen Indonesia sendiri tahun ini menargetkan dapat membedah 50 unit rumah veteran yang difokuskan di Papua. Jumlah tersebut tersebar di Kabupatenn Merauke (7 unit), Kabupaten Biak (9 unit), Kabupaten Nabire (5 unit), Kabupaten Yapen (12 unit), Kabupaten Waropen (7 unit) serta Kabupaten/Kota Jayapura (10 unit).

“Kita sudah lakukan survey sejak bulan Mei, dari 181 rumah veteran hanya 50 unit yang memenuhi kriteria yang kita tentukan, yaitu kondisi rumah kurang layak, tanah tidak dalam sengketa dan veteran masih hidup. Total anggaran yang kita siapkan mencapai Rp 2,8 miliar,” ungkap penanggung jawab program Sri Wachyuningsih.

Pelaksanaan program bedah rumah veteran oleh PT Semen Indonesia (Persero)Tbk, ini dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama yang berlangsung sejak 15 Juli hingga 15 Agustus lalu telah berhasil membedah 22 unit rumah veteran. Sementara sisanya sebanyak 28 unit akan dibedah dalam tahap ke 2 yang dimulai 17 Agustus kemarin dan ditargetkan selesai pada 3o September 2017.

Plt. Direktur Utama Semen Indonesia, Darmawan Junaidi, disela persiapan upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia menyempatkan untuk melihat langsung kondisi rumah veteran yang telah selesai dibedah bersama Komandan Korem 174/ATW Mearuke, Brigjend TNI Asep Setia Gunawan, di Kampung Veteran Merauke, Rabu (16/8). Dikatakan Darmawan, saat ini 7 rumah veteran di Merauke telah selesai di renovasi. Hal tersebut menurutnya merupakan upaya Semen Indonesia untuk memberikan kontribusi bagi masyarakat.

“Sebagai BUMN Semen Indonesia selalu berupaya untuk memberikan manfaat bagi masyarakat. BUMN adalah ujung tombak dari kemajuan perekonomian negara,” tuturnya.

Pelaksanaan bedah rumah veteran ini, lanjutnnya, didukung sepenuhnya oleh Korem 172/PWY – Jayapura, Korem 173/ PVB – Biak, Korem 174/ATW – Merauke, Legiun Veteran RI Propinsi Papua dan DPC LVRI kabupaten, serta masyarakat sekitar. Komandan Korem 174/ATW Merauke menyebut telah mengerahkan 30 personil untuk membantu pelaksanaan bedah rumah. Pihaknya berharap program bedah rumah veteran ini dapat terus dijalankan.

“Kalau bisa terus berlanjut dan jumlahnnya dapat diperbanyak. Ini adalah wujud penghargaan pemerintah kepada veteran yang telah turut berjuang merebut kemerdekaan,” harapnya. (bwo)