Apa Sesungguhnya Makna Perayaan Hari Jadi Pabrik Gresik ke-60 yang jatuh pada 7 Agustus 2017 ini?

Dalam perspektif umur manusia, angka itu menunjukkan kondisi fisik yang mulai ringkih. Bersantai, mengisi hari-hari purna tugas. Tetapi tidak dengan keluarga besar Semen Indonesia. Usia 60 disambut dengan antusias, penuh motivasi dan kerja keras mengukir prestasi lebih. Pesan penting ini disampaikan Plt Dirut Semen Indonesia Darmawan Junaidi dalam tasyakuran peringatan HUT Pabrik Gresik ke-60 di Gedung Utama Semen Indonesia, Senin (17/8/2017).

Peringatan HUT ke-60 harus dimaknai lebih. Tak sekedar terjebak dalam ritual perayaan dan pesta. Tetapi lebih dari itu, bagaimana menjadikan angka 60 tahun ini, sebagai pijakan dalam rangkaian pencapaian milestone perusahaan ke depan.

“Sepuluh tahun lagi, apa yang akan kita rayakan? Perusahaan kita menjadi seperti apa?” terangnya dihadapan direksi dan karyawan Semen Indonesia. Termasuk yang di Tuban dan Rembang turut menyimak lewat video conference.

Sepuluh tahun ke depan, terang Darmawan Junaidi, Semen Indonesia harus menjadi perusahaan building materials terkemua di Asia. Sekali lagi Asia. Ini sesuai dengan visi perusahaan yang telah dicanangkan sejak jauh hari. Pencapaian visi itu, telah dirumuskan dalam strategi 3+1. Dimana Semen Indonesia Group tetap mempertahankan posisi sebagai leader di industri semen sekaligus mengembangkan industri hilir yang terkait dengan bisnis ini (semen). Sederet langkah sudah diimplementasi perseroan, diantaranya lakukan revitalisasi SSG Prima Beton menjadi Semen Indonesia Beton. Selain itu, mengubah bisnis Varia Usaha menjadi bisnis logistik tanpa meninggalkan bidang garap yang telah dijalani selama ini.

“Kita juga miliki Semen Indonesia Internasional yang akan menjadi ujung tombak dalam kembangkan portofolio perusahaan,” tandas Darmawan Junaidi.

Darmawan menyadari, mencapai visi besar tersebut dibutuhkan komitmen kuat. beruntung, Semen Indonesia miliki budaya pemenang yang terangkum dalam Champs. Kultur ini terkristal secara apik dalam SMI (Sinergi Militan Integrity). Darmawan percaya, kesungguhan menerapkan spirit SMI itu akan membawa Semen Indonesia menjadi perusahaan Building Materials terkemuka di Asia.

“Memang dua tahun terakhir ini, perubahan bisnis tidak semudah seperti tahun-tahun sebelumnya. Tetapi kita harus tetap bersemangar, kerja keras untuk meningkatkan keunggulan daya saing dan memberikan kontribusi pasti bagi negara,” tegasnya.

Selain itu, ingat direksi yang akrab dipanggil DJ ini, perseroan juga jangan sampai gagal memanfaatkan momentum pada awal 2019 mendatang. Saat itu, ekonomis diprediksi lebih baik. Ini seiring dengan tuntasnya berbagai proyekproyek infrastruktur yang saat ini tengah dikebut pembangunannya.

“Kita harus tetap pertahankan sebagai leader di industri ini. Sampai kita bisa memanfaatkan momentum di akhir 2018 atau awal 2019 mendatang,” bebernya. “Sekali lagi, jangan berhenti di angka 60 ini. Mari kita persiapkan untuk perayaaan masa depan. Selebrasi apa yang kita siapkan untuk milestone berikutnya?” tantangnya. (ram/lin/znl/fir)